Gol Batshuayi Selamatkan Wajah Belgia Saat Melawan Kanada

| 24 Nov 2022 08:56
Skuad Belgia saat menghadapi Kanada (Dok. Belgian Red Devils)

ERA.id - Dihuni banyak pemain bintang Eropa, tak membuat Belgia menang mudah melawan Kanada. Untungnya, sebiji gol dari Michy Batshuayi menyelamatkan Belgia dalam pertandingan Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmed bin Ali, Ar-Rayyan, Qatar, Kamis dini hari WIB.

Batshuayi mencetak gol melalui tendangan keras di dalam kotak penalti Kanada setelah memanfaatkan umpan jauh Toby Alderweireld pada menit ke-43.

Berkat kemenangan ini, negara De Bruyne cs untuk sementara memuncaki Grup F Piala Dunia 2022 dengan torehan tiga poin, sedangkan Kanada berada di posisi juru kunci dengan nol poin.

Dalam pertandingan ini, Belgia lebih dominan dengan mencatatkan 54 persen penguasaan bola serta melepaskan 9 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Di sisi lain, Kanada meski kalah dalam persentase penguasaan bola, mereka lebih sering melepaskan tendangan dengan 22 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Pada babak pertama Kanada mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memiliki kesempatan untuk unggul setelah mendapatkan hadiah penalti seusai Yannick Carrasco melakukan hands-ball di kotak penalti Belgia.

Alphonso Davies yang maju sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya setelah tendangan mendatarnya mampu dihalau oleh kiper Belgia Thibaut Courtois.

Sempat bermain di bawah tekanan, Belgia berusaha bangkit dan mampu mencetak gol pada menit ke-43 setelah umpan lambung jauh dari Alderweireld mampu disambut oleh Batshuayi.

Batshuayi yang bergerak di antara dua bek Kanada mampu melepaskan tendangan keras di kotak penalti Kanada dan bola tidak bisa dihalau kiper Milan Borjan sehingga skor berubah menjadi 1-0 yang bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Kanada mengambil inisiatif menyerang terlebih dan berusaha untuk mencari gol penyeimbang dan Belgia sesekali melakukan ancaman, namun tidak ada yang membuahkan hasil.

Selama 45 menit babak kedua, Kanada lebih sering melakukan ancaman ke gawang Belgia, akan tetapi hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 untuk kemenangan The Red Devils tetap bertahan.

Selanjutnya Belgia akan berhadapan dengan Maroko pada lanjutan pertandingan Grup F, Minggu (27/11), sedangkan Kanada akan meladeni perlawanan Kroasia di hari yang sama.

Rekomendasi