DPR RI Minta Kemenpora dan PSSI Berbenah Usai Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia

| 30 Mar 2023 13:57
DPR RI Minta Kemenpora dan PSSI Berbenah Usai Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia
Polisi menembakkan gas air mata ke arah suporter di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). (Antara)

ERA.id - Komisi X DPR RI meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) serius bebenah diri, menyusul batalnya Indonesia menjadi ruan rumah Piala Dunia U-20.

Diketahui FIFA membatalkan keterlibatan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Salah satu hal yang disinggung FIFA yaitu tragedi Kanjuruhan.

"Di situ bisa disimpulkan jika asosiasi sepak bola tertinggi dunia tersebut masih belum melihat perubahan besar-besaran dari pengelolaan sepak bola Indonesia pasca tragedi yang menewaskan 135 korban jiwa tersebut," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam keterangannya, Kamis (30/3/2023).

Makanya momen kegagalan ini harus dijadikan kesempatan bagi Kemenpora dan PSSI memperbaiki sepak bola di Tanah Air. "Ini juga harus menjadi catatan penting bagi Kemenpora dan PSSI agar serius melakukan perbaikan, pengelolaan sepak bola di tanah air," kata Huda.

Diberitakan sebelumnya, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun ini.

Keputusan itu dikeluarkan setelah adanya pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada Rabu (29/3/2023) di Qatar.

Dikutip dari laman resmi FIFA, tuan rumah baru dalam waktu dekat akan diumumkan. Potensi pemberian sanksi terhadap Indonesia juga akan diputuskan.

"Meski demikian, FIFA menegaskan tetap berkomitmen untuk tetap membantu serta bekerja sama erat dengan Pemerintahan Presiden Jokowi untuk melakukan transformasi sepakbola di Indonesia usai tragedi Kanjuruhan," jelas FIFA dalam laman resminya.

Rekomendasi