Asosiasi Sepak Bola Thailand Buat Pernyataan Usai Kerusuhan Final SEA Games 2023

| 17 May 2023 19:27
Asosiasi Sepak Bola Thailand Buat Pernyataan Usai Kerusuhan Final SEA Games 2023
Tangkapan layar kerusuhan saat laga final SEA Games 2023 antara Indonesia dan Thailand.

ERA.id - Asosiasi Sepak Bola Thailand telah merilis pernyataan resmi terkait insiden pada final SEA Games 2023 kontra tim nasional (Timnas) Indonesia tadi malam (16/5/2023). Mereka meminta maaf atas keributan yang dilakukan oleh ofisial tim Thailand usai tertinggal skor 3-2 pada babak tambahan.

Akun Twitter Thai League Central mengungkapkan beberapa poin penting dalam surat pernyataan tersebut, di antaranya penyesalan dan permintaan maaf Asosiasi Sepak Bola Thailand atas insiden buruk yang merusak sepak bola Thailand semalam.

"Asosiasi percaya staf pelatih Thailand seharusnya tidak boleh bertindak tidak pantas dan harus tetap tenang di bawah tekanan. Mereka seharusnya bertindak dengan sopan dan mewakili Timnas Thailand dengan lebih baik," tulis akun @TL_Central, Rabu (17/5/2023).

Asosiasi Sepak Bola Thailand juga telah membentuk tim resmi yang akan menyelidiki secara maksimal apa yang terjadi selama pertandingan sehingga hukuman dapat diberikan kepada mereka yang terlibat dan bersalah.

"Asosiasi tidak akan melindungi mereka yang terbukti melakukan kesalahan," bunyi pernyataan tersebut.

Thailand sendiri harus menerima kekalahan usai dibekuk Indonesia di laga final SEA Games 2023 dengan skor akhir 5-2 setelah melewati dua babak tambahan yang menguras emosi.

Kericuhan pecah ketika pertandingan memasuki babak tambahan pertama dan Indonesia berhasil unggul dengan skor 3-2 lewat gol cepat Irfan Jauhari. Tak lama setelah itu, tampak situasi di lapangan berubah menjadi kacau balau.

Ofisial kedua tim dan pemain terlibat kontak fisik. Manajer Timnas Indonesia U-22, Kombes Sumardji, sampai jatuh tersungkur karena dipukul kubu lawan tepat di kepala. Sementara anggota ofisial Indonesia, Tegar, dibawa ke rumah sakit karena bentrokan tersebut.

Akibat keributan di pinggir lapangan itu, wasit mengeluarkan beberapa kartu merah kepada para pemain dan staf pelatih dari kedua tim. Di antaranya pemain Indonesia, Komang Teguh, dan kiper Thailand, Soponwit Rakyart.

Indonesia berhasil meraih medali emas setelah menutup pertandingan dengan gemilang lewat gol tambahan dari Fajar Fathur Rachman dan Beckham Putra. Terakhir kali medali emas diraih Indonesia yaitu 32 tahun lalu saat SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Rekomendasi