Sempat Terdepak dari Peringkat 10 Besar, Ganda Putri Apriyani/Fadia Naik Empat Peringkat Berkat Kejuaraan Dunia 2023

| 30 Aug 2023 11:40
Sempat Terdepak dari Peringkat 10 Besar, Ganda Putri Apriyani/Fadia Naik Empat Peringkat Berkat Kejuaraan Dunia 2023
Apriyani/Fadia (Dok: PBSI)

ERA.id - Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akhirnya berhasil menembus posisi 10 besar ganda putri terbaik dunia. Peringkat ini mereka dapatkan usai merai medali perak dari Kejuaraan Dunia 2023 akhir pekan lalu.

Mengutip daftar peringkat pemain resmi BWF via Antara, Apri/Fadia naik empat langkah ke peringkat delapan setelah sebelumnya berada di ranking 12 dunia. Mereka kini mengoleksi sebanyak 69.933 poin dari 17 turnamen yang telah mereka ikuti sejauh ini.

Sementara, peringkat pertama masih diduduki ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang berhasil mengumpulkan 104.904 poin dari 13 turnamen yang mereka ikuti.

Chen/Jia merupakan pemenang medali emas Kejuaraan Dunia 2023 yang mengalahkan Apri/Fadia dengan skor 21-16, 21-12. Ini merupakan kemenangan keempat Chen/Jia di turnamen tersebut dan menjadikan mereka ganda putri tersukses di Kejuaraan Dunia sepanjang masa.

Sementara du sektor ganda putra, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menjadi yang terbaik di dunia. Namun, wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty hanya terpaut kurang dari 4.000 poin dari Fajar/Rian untuk merebut posisi tersebut.

Ganda putra Korea Selatan Kang Minhyuk/Seo Seung Jae juga naik dua peringkat ke posisi keempat usai memenangkan emas Kejuaraan Dunia, tepat di belakang wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang yang masih mengisi tiga besar.

Selain itu, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berada di peringkat 10 dunia, tepat di atas Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Sementara Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana naik dua tempat ke posisi 13.

Untuk sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting juga masih berada di peringkat dua dunia, tepat di belakang juara bertahan Viktor Axelsen yang masih kokoh di puncak. Sementara, Jonathan Christie turun empat tempat dan kini menempati posisi sembilan dunia.

Sementara di sektor tunggal putri dan ganda campuran, tidak ada perubahan yang berarti. Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung masih berada di peringkat delapan dunia.

Sementara ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja masing-masing berada di peringkat 14, 17, dan 18 dunia.

Rekomendasi