Sambut Piala Dunia U-17, Trofi Akan Dikirab di Empat Titik Ini

| 08 Oct 2023 18:32
Sambut Piala Dunia U-17, Trofi Akan Dikirab di Empat Titik Ini
Ilustrasi sepakbola (Unsplash/Ben Hershey)

ERA.id - Pemerintah kota (Pemkot) Solo memastikan jika FIFA dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengkirab trofi Piala Dunia U-17 di empat lokasi atau kota yang ditunjuk untuk pertandingan. Untuk kota Solo, rencananya kirab akan dilaksanakan pada Minggu (5/11/2023).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo, Rini Kusumandari, Minggu (8/10/2023). Ia mengatakan bahwa Kota Solo dijadwalkan oleh PSSI untuk kirab Piala Dunia U-17 pada bulan November.

”Kami akan menggelar kirab trofi Piala Dunia U-17 di Solo Car Free Day. Sesuai kalender FIFA dan PSSI, kita dijadwalkan pada 5 November 2023,” katanya.

Untuk kirab ini akan melibatkan para pegiat sepakbola, suporter, pemerhati bola dan pendukung lainnya. Serta ada juga atraksi budaya yang disajikan dalam kirab ini.

”Kami juga siapkan acara seremonial Piala Dunia U-17, akan ada atraksi budaya juga untuk memeriahkannya,” katanya.

Kirab ini sebagai bagian dari promosi terhadap adanya kegiatan Piala Dunia. Sehingga trofi yang dikirab merupakan trofi asli dari FIFA.

”Kami berharap promosinya gencar, sehingga bisa menjadi promosi wisata agar mereka datang ke Solo dan menonton pertandingan Piala Dunia di Stadion Manahan,” katanya.

Rini juga menginformasikan bahwa untuk mendukung Piala Dunia U-17, PKL Kota Barat dan Shelter Manahan akan ditutup sementara pada 25 Oktober 2023. Sementara empat lapangan latihan dan Stadion Manahan akan ditutup total pada 10 Oktober 2023 hingga gelaran Piala Dunia selesai.

Diketahui, masyarakat akan merasakan sensasi melihat langsung dari dekat trofi Piala Dunia U-17. Piala yang akan diperebutkan 24 negara pada 10 November-2 Desember tersebut akan dipamerkan di empat kota yang menjadi host Piala Dunia U-17 2023. Rencananya, trofi akan dipertontonkan ke khalayak luas di Jakarta (15 Oktober),   Bandung (22 Oktober), Surabaya (29 Oktober), dan Solo (5 November).

Rekomendasi