Presiden Jokowi Bakal Saksikan Pertandingan Timnas Indonesia dan Brunei di Stadion GBK Jakarta Sore Ini

| 12 Oct 2023 08:13
Presiden Jokowi Bakal Saksikan Pertandingan Timnas Indonesia dan Brunei di Stadion GBK Jakarta Sore Ini
Ilustrasi Jokowi nonton timnas Indonesia di Stadion GBK Jakarta. (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo bakal menyaksikan pertandingan tim nasional Indonesia menghadapi Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

"Alhamdulillah Pak Presiden Joko Widodo, sudah menginformasikan langsung menonton timnas Indonesia, karena kalau sepak bola pak Presiden, memang sepertinya menjadi tontonan nomor satu. Beliau akan duduk seperti biasa di tribun (bagian barat). Beliau ingin dekat dengan masyarakat menonton sepak bola. Mudah-mudahan tim kita bisa bermain dengan maksimal besok," kata Erick Thohir saat mengunjungi persiapan tim Garuda di Jakarta Rabu (11/10/2023).

Tim nasional Indonesia dipastikan akan tampil dengan skuad utama meski tidak dapat menurunkan dua pemain yaitu Marselino Ferdinan dan Rafael Struick karena masih dalam proses pemulihan cedera.

"Besok tidak ada rotasi pemain di line-up tim dan saya sudah mempersiapkan semuanya agar kita bisa mencetak gol sebanyak mungkin di kandang," kata pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong.

Meski mempunyai catatan apik kala bersua dengan Brunei dalam tiga pertandingan terakhir, pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut mewaspadai strategi serangan balik dari tim asuhan Mario Rivera.

"Saya tahu lawan akan bermain bertahan dan mengincar serangan balik, kami tidak mau kemasukan dan akan berusaha untuk membendung pola permainan itu. Ketika lawan mengincar transisi, kami akan menujukan permain untuk tundukkan pertahanan lawan," kata Shin Tae-Yong.

Dari tiga pertemuan terakhir menghadapi Brunei Darussalam, timnas Indonesia masih tampil digdaya. Tim Merah Putih menyapu bersih tiga kemenangan; menang 5-0 (pertandingan uji coba tahun 2012), menang 4-0 (pertandingan uji coba tahun 2017) dan menang 7-0 (pertandingan Piala AFF 2022).

Saat ini timnas Indonesia sangat membutuhkan kemenangan untuk melaju ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Ant)

Rekomendasi