Madrid Bahagia Sekaligus Sedih, Kudeta Girona di Posisi 1, tapi Harus Kehilangan Alaba

| 18 Dec 2023 11:01
Madrid Bahagia Sekaligus Sedih, Kudeta Girona di Posisi 1, tapi Harus Kehilangan Alaba
David Alaba.

ERA.id - Real Madrid mengudeta posisi Girona setelah mengamankan kemenangan 4-1 atas Villarreal pada pekan ke-17 Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Senin dini hari WIB.

Ada kabar bahagia, ada pula kabar duka. Bek andalan Madrid, David Alaba, mesti menepi dalam waktu yang cukup lama karena mengalami cedera ACL di lutut kirinya pada menit ke-35. Dia ditarik keluar dan digantikan Nacho Fernandez.

Kenyataan itu sedikit lagi memupuskan harapan Alaba untuk terlibat bareng Austria bermain di ajang Euro 2024 mendatang.

"Setelah tes, ia telah didiagnosis dengan ligamentum cruciatum anterior yang pecah di lutut kirinya. Pemain akan menjalani operasi dalam beberapa hari mendatang," bunyi pernyataan resmi klub.

Alaba diperkirakan akan absen selama delapan bulan, yang berarti partisipasinya di Euro 2024 dalam bahaya, karena ajang tersebut dimulai dalam waktu tujuh bulan ke depan.

Melihat vonis yang menimpa Alaba, praktis Real Madrid dikabarkan akan mencari pemain baru untuk mendatangkan pengganti di lini pertahanan di jendela transfer Januari.

Setelah pertandingan, Ancelotti pun mengaku sedih. "Laporan medis mengatakan itu adalah cedera ACL. Sayang sekali, kami sangat sedih. Pemain lain telah tumbang. Saya tidak pernah mengalami tiga cedera ACL (Thibaut Courtois dan Eder Militao) dalam empat bulan, itu tidak bisa dipercaya."

Permainan

Kini Real Madrid menempati peringkat pertama klasemen sementara Liga Spanyol dengan 42 poin dari 17 pertandingan, demikian catatan La Liga.

Posisi Real Madrid bisa saja kembali diambil alih andai Girona dapat mengamankan kemenangan ketika menjamu Deportivo Alaves, Selasa dini hari WIB.

Sementara itu, Villarreal masih terdampar di peringkat ke-14 klasemen sementara Liga Spanyol dengan 16 poin dan terpaut 14 poin dari zona kompetisi Eropa.

Pada pertandingan ini secara statistik Real Madrid benar-benar mendominasi dengan mencatatkan 59 persen penguasaan bola serta total 22 tendangan yang sembilan di antaranya tepat sasaran.

Kemenangan Real Madrid pada pertandingan ini hadir berkat gol Jude Bellingham, Rodrygo, Brahim Diaz, dan Luka Modric, sedangkan Villarreal sempat memperkecil ketertinggalan melalui Jose Luis Morales.

Real Madrid mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memiliki peluang lewat tendangan Brahim Diaz yang masih ditepis kiper Villarreal Filip Jorgensen.

Selanjutnya giliran Luka Modric yang mendapatkan peluang lewat tendangan dari luar kotak penalti, namun bola masih membentur mistar gawang Villarreal.

Real Madrid akhirnya sukses unggul terlebih dahulu pada menit ke-25 setelah umpan silang Modric dapat disambut sundulan Jude Bellingham yang berbuah menjadi gol sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Carlo Ancelotti itu kembali menambah keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Rodrygo memanfaatkan kemelut di depan gawang Villarreal sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-38.

Memasuki babak kedua, Villarreal berhasil memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 setelah umpan terobosan Ramon Terrats dapat dikonversi menjadi gol oleh Jose Luis Morales pada menit ke-54.

Real Madrid tidak tinggal diam dan mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui gol yang dicetak Brahim Diaz setelah menerima umpan Francisco Garcia pada menit ke-64.

Hanya berselang empat menit, Los Blancos menegaskan keunggulannya menjadikan skor berubah 4-1 lewat gol Luka Modric. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai.

Setelah ini, Real Madrid pada pekan ke-18 Liga Spanyol akan menghadapi Deportivo Alaves, Kamis (21/12), sementara Villarreal menjamu Celta Vigo, di hari yang sama.

Rekomendasi