Siap Menuju Olimpiade Paris, Fathur Gustafian Siapkan Performa Terbaik Demi Medali

| 10 Jan 2024 17:00
Siap Menuju Olimpiade Paris, Fathur Gustafian Siapkan Performa Terbaik Demi Medali
Atlet menembak Fathur Gustafian (Dok. Antara)

ERA.id - Fathur Gustafian yang sukses mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024 pertama bagi Indonesia di cabang olahraga menembak, memastikan menyiapkan performa terbaik demi mendulang medali di ajang pesta olahraga yang akan berlangsung mulai Juli mendatang tersebut.

"Mudah-mudahan di Olimpiade nanti bisa kasih performa yang baik dan membawa pulang medali," kata Fathur seperti dilansir dari Antara, Rabu (10/1/2024).

Dalam menghadapi Olimpiade Paris nanti, Fathur mengatakan dirinya tidak akan lengah dan akan berlatih lebih keras lagi agar dapat membawa pulang medali. "Kalau saya puas di sini, nanti saya bisa tergilas oleh atlet lain (di Olimpiade)," ujarnya.

Tiket menuju Olimpiade Paris berhasil diamankan Fathur seusai atlet asal Bogor, Jawa Barat, itu finis di peringkat empat saat final nomor 10 meter Air Rifle Putra senior Asian Rifle/Pistol Championship 2024.

Fathur mengatakan, tekad dirinya merebut tiket Olimpiade Paris terpacu karena melihat rekan sesama atlet menembak yakni Vidya Rafika yang pada 2020 lolos ke Olimpiade Tokyo. Untuk itu, dirinya selalu bersungguh-sungguh mengikuti berbagai kompetisi mulai dari Pekan Olahraga Nasional (PON), Sea Games, hingga Asian Games.

"Di pertandingan terakhir, saya coba dapat (tiket Olimpiade) di Korea, dua kali masuk final tapi belum dikasih jalan. Pulang dari Korea saya latihan, fokus pada pertandingan hari ini, alhamdulillah Allah jawab semua doa saya," ujar Fathur.

Fathur pun mengaku sangat bangga sekaligus tak menyangka dirinya bisa mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024. Pasalnya di babak kualifikasi nomor 10 meter Air Rifle Putra senior Asian Rifle/Pistol Championship 2024, ia sempat berkecil hati sebab tertinggal dua peringkat untuk mendapatkan kuota Olimpiade.

Namun, berkat dukungan dari berbagai pihak termasuk keluarga, PB Perbakin, dan pelatih, Fathur berhasil bangkit dan menjadi atlet menembak pertama yang melaju ke Olimpiade.

"Arahan pelatih saya, lima tembakan terakhir bisa mengubah situasi, sehingga saat selesai, alhamdulillah masuk final dan dapat kuota Olimpiade," kata Fathur.

Dengan demikian, Fathur menjadi atlet keenam Indonesia yang akan berkompetisi di Olimpiade Paris 2024. Adapun lima atlet Indonesia yang telah mengamankan tiket olimpiade lebih dulu adalah pemanah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa, pesenam artistik Rifda Irfanalutfi, serta pemanjat tebing Desak Made Rita dan Rahmad Adi Mulyono.

Rekomendasi