Manchester City Maju ke Perempatfinal Liga Champions Usai Singkirkan Copenhagen

| 07 Mar 2024 08:05
Manchester City Maju ke Perempatfinal Liga Champions Usai Singkirkan Copenhagen
Striker Manchester City Julian Alvarez (kanan) merayakan golnya dengan Phil Foden pada liga Champions 2023 melawan Real Madrid. (Dok. Antara/AFP)

ERA.id - Delapan tiket besar (perempatfinal) sukses diamankan Manchester City di Liga Champions 2023/24 setelah menghajar klub Denmark Copenhagen 3-1 dalam laga leg kedua babak 16 besar di Stadion Etihad pada Kamis dini hari WIB.

Dengan demikian, Manchester City lolos ke babak selanjutnya dengan agregat 6-2 setelah unggul 3-1 di leg pertama. Tiga gol City di leg kedua dicetak oleh Manuel Akanji, Julian Alvarez, dan Erling Haaland. Copenhagen hanya bisa membalas lewat gol Mohamed Elyounoussi.

Kemenangan ini mengantarkan The Citizens menyusul Bayern Muenchen dan Paris Saint-Germain yang sudah lolos lebih dulu. Sedangkan Real Madrid juga berhasil ke perempat final setelah menyingkirkan RB Leipzig.

City langsung membuka skor saat laga baru berjalan lima menit berkat gol Manuel Akanji. Ia menyambar masuk bola sepak pojok Julian Alvarez dengan tembakan voli. City unggul 1-0.

City menambah gol mereka pada menit ke-9. Kali ini Julian Alvarez yang membobol gawang Copenhagen. Alvarez melepaskan sepakan keras dari sisi kiri yang gagal ditangkap sempurna kiper Copenhagen, Kamil Grabara. Manchester City 2-0 Copenhagen.

Copenhagen berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-29 lewat gol Mohamed Elyounoussi. Elyounoussi bermain apik satu-dua dengan Orri Oskarsson sebelum melepaskan bola tembakan ke dalam gawang yang gagal dihentikan kiper City, Ederson Skor berubah 2-1.

Jelang turun minum, City justru bisa mencetak gol ketiga mereka. Rodri mengirim umpan lambung ke Erling Haaland yang dituntaskan bomber Norwegia itu menjadi gol.

Gol itu menjadi yang ke-41 bagi Haaland dalam 37 penampilannya di Liga Champions. Haaland kini memiliki jumlah gol yang sama dengan legenda City, Sergio Aguero di kompetisi tertinggi Eropa tersebut. Skor 3-1 menjadi hasil akhir babak pertama.

Selepas jeda istirahat, City terlihat menurunkan intensitas serangan mereka, tetapi masih mendominasi penguasa bola.

Sementara itu Copenhagen masih kesulitan untuk membangun permainan mereka sehingga tidak terlalu banyak mengancam gawang tuan rumah.

Tidak ada gol tercipta di babak kedua hingga pluit panjang berbunyi. Manchester City menang agregat 6-2 dan lolos ke perempat final.

Rekomendasi