Temukan Kasus Doping di Turnamen 2023, FIFA Tidak Ambil Tuntutan: Tidak Ada Kasus yang Diajukan

| 08 Mar 2024 18:15
Temukan Kasus Doping di Turnamen 2023, FIFA Tidak Ambil Tuntutan: Tidak Ada Kasus yang Diajukan
Badan anti-doping FIFA (Instagram/FIFA)

ERA.id - Badan anti-doping FIFA tidak mengajukan tuntutan apapun terkait kasus doping dari turnamen yang diadakan pada tahun 2023. FIFA menyebut kasus doping sepanjang tahun 2023 terdapat pengecualian sehingga menggugurkan tuntutan.

Laporan tahunan program anti-doping FIFA menunjukkan bahwa satu tes positif di Piala Dunia Wanita. Namun temuan itu kemudian dijelaskan oleh pengecualian medis untuk seorang pemain dan dua kasus potensial untuk pria yang kemudian ditutup.

FIFA mengatakan pihaknya mengumpulkan sampel dari 860 pemain di turnamen putri di Australia dan Selandia Baru, di mana beberapa di antaranya diuji hingga tujuh kali.

Sebanyak 732 pemain putra memberikan sampel pada sejumlah acara antara lain dua edisi Piala Dunia Antarklub, Piala Dunia Remaja, dan beberapa laga kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Pada tahun 2023, program anti-doping terutama berfokus pada Piala Dunia Wanita, yang menyaksikan peningkatan jumlah tes yang dilakukan per tim yang berpartisipasi, yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan 860 tes di dalam dan di luar kompetisi dilakukan," bunyi laporan tersebut, dikutip AFP, Jumat (8/3/2024).

Pada Piala Dunia 2022, FIFA mengatakan pihaknya menuntut lima kasus disipliner atas hasil tes positif selama pertandingan kualifikasi. Para pemain tersebut berasal dari Kosta Rika, Djibouti, El Salvador, Honduras, dan Pantai Gading.

FIFA menerbitkan laporannya satu minggu setelah gelandang Prancis dan Juventus Paul Pogba dilarang bermain selama empat tahun dalam kasus domestik di hadapan pengadilan doping Italia. Pogba dinyatakan positif menggunakan prekursor steroid DHEA dan mengatakan dia akan mengajukan banding di Pengadilan Arbitrase Olahraga.

FIFA mengatakan ada dugaan tes testosteron positif pada Piala Dunia U-20 putra yang dimainkan di Argentina.

“Namun, tes lanjutan dan analisis selanjutnya tidak mengkonfirmasi temuan yang tidak lazim tersebut dan oleh karena itu tidak ada kasus yang diajukan,” kata laporan itu.

FIFA mengatakan total 2.616 sampel yang dikumpulkan adalah 1.581 sampel urin, 475 sampel darah, 449 sampel paspor darah, dan 111 sampel bercak darah kering.

Tags : doping fifa pogba
Rekomendasi