STY Sedang Sakit, Ketum PSSI Tak Buru-buru Minta Tanda Tangan Kontrak Baru

| 22 Jun 2024 21:00
STY Sedang Sakit, Ketum PSSI Tak Buru-buru Minta Tanda Tangan Kontrak Baru
Ketum PSSI Erick Thohir bersama pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Instagram/@erickthohir)

ERA.id - Ketua Umum PSSI Erick Thohir tak terburu-buru meminta pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) untuk menandatangani kontrak baru. Dia memberi waktu sebab STY sedang sakit.

"Saya dengar beliau (STY) sedang dalam perawatan rumah sakit, kami berikan waktu," kata Erick dilansir dari Antara, Sabtu (22/6/2024).

Sebagai informasi, PSSI telah mengirim kontrak baru untuk kembali melatih Timnas Indonesia sejak dua bulan lalu. Namun STY dikabarkan sedang menjalani perawatan kesehatan di rumah sakit.

Di sisi lain, beredar kabar bahwa Korea Selatan, negara asal STY, berpeluang melatih timnas negeri ginseng karena kontrak dengan Indonesia akan segera berakhir pada Juni 2024.

Menanggapi kabar tersebut, Erick tak melarang apabila STY ingin kembali ke negaranya.

"Kalau pun dari Korea Selatan ingin Shin Tae-yong, saya tidan bisa melarang," ucapnya.

Meski begitu, menteri BUMN itu menegaskan bahwa pembangunan sepak bola nasional tidak bergantung kepada individu. Banun berdasarkan kerja sama tim mulai dari pemain yang berkualitas, pelatih, ofisial, pemerintah dan PSSI.

"Pembangunan tim nasional ini bukan berdasarkan satu individu, saya jamin itu. Timnas ini dibangun karena sebuah kekuatan bersama," tegas Erick.

Shin Tae-yong sudah memenuhi target PSSI yakni membawa Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 dan Timnas U23 ke perempat final Piala Asia U23.

Ia bahkan membawa Timnas Indonesia U23 ke babak semifinal Piala Asia U23.

Sedangkan dari sisi peringkat di FIFA, Indonesia menduduki posisi 134, sehingga menjadi peringkat terbaik selama 13 tahun terakhir yang diperoleh oleh skuad Merah Putih yang terakhir kali menempati peringkat 140 pada 19 Oktober 2011.

Rekomendasi