Indonesia vs Filipina Akan Bentrok di Stadion GBT Surabaya, Bau Busuk Mengancam

| 17 Jul 2024 13:40
Indonesia vs Filipina Akan Bentrok di Stadion GBT Surabaya, Bau Busuk Mengancam
Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo yang berdekatan dengan Stadion GBT Surabaya. (Diskominfo Surabaya)

ERA.id - Sukses menggelar Piala Dunia U-17, kini Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya menjadi tuan rumah gelaran Piala AFF U-19 yang akan dimulai hari ini, Rabu 17 Juli hingga 29 Juli 2024 mendatang.

Diketahui, selain di GBT, laga dalam AFF U-19 juga akan digelar di Stadion Gelora 10 Nopember (G10N) di Tambaksari Surabaya. Untuk jadwal hari ini, Rabu, Indonesia akan beradapan dengan Filpina di GBT pukul 19.30 WIB.

Masalahnya di Stadion GBT bau busuk masih sering tercium lantaran posisinya berada dekat dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo. Bahkan, media asing pun ikut menyorot bau tak sedap tersebut.

Masalah bau sampah ini bukan kasus baru dalam pertandingan sepak bola internasional yang digelar di GBT. Sebelumnya, GBT dan bau busuk juga mewarnai Piala Dunia U-17.

Dalam mengatasi masalah tersebut, Pemkot Surabaya pun mengubah jadwal pengiriman sampah di TPA Benowo.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi munculnya bau sampah dari TPA Benowo yang lokasinya berdekatan dengan dekat GBT.

Eri menjelaskan distribusi pembuangan sampah dari TPS ke TPA Benowo maksimal dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Setelahnya tak boleh ada lagi truk yang mengirim sampah.

“Kalau misalnya besok malam ada pertandingan, maka tidak ada pembuangan yang melewati pukul 10.00 WIB," kata Eri, Rabu (17/7/2024).

Selanjutnya, kata Eri, pembuangan sampah ke TPA Benowo akan kembali dilakukan ketika pertandingan berakhir.

Tak hanya mengubah jam distribusi, Eri juga memastikan selama pertandingan berlangsung, tumpukan sampah di TPA Benowo akan ditutup dengan membran untuk mencegah potensi munculnya bau sampah.

“Ada satu tempat area terbuka ini untuk membuang sampai jam 10.00 WIB ditutup dengan membran,” ujarnya.

Skema ini sama dengan yang diterapkan juga Pemkot Surabaya saat gelaran turnamen Piala Dunia U-17, pada 2023 lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, penggantian jam pengiriman sampah dan penutupan dengan membran di TPA Benowo meripakan bagian dari standar operasional prosedur (SOP).

“Sudah ada SOP dari pengelola TPA, hanya jadwal pembuangannya supaya tidak bau selama pertandingan AFF U-19,” ucapnya.

Dia menjelaskan di luar penyelenggaraan event tertentu yang bertempat di Stadion GBT, pembuangan sampah dari TPS ke TPA Benowo dilakukan setiap pukul 05.00 hingga 18.00 WIB.

“Kalau ada acara, seperti AFF U-19 ini pembuangan mulai pukul 00.00 sampai 10.00 WIB setelah itu tidak boleh lagi. Nanti kalau pertandingan sudah selesai baru bisa,” pungkasnya

Rekomendasi