Barcelona Resmikan Ronald Koeman Sebagai Pelatih Barunya

| 19 Aug 2020 16:43
Barcelona Resmikan Ronald Koeman Sebagai Pelatih Barunya
Ronald Koeman resmi melatih Barcelona (Commons Wikipedia)

ERA.id - Ronald Koeman resmi menjadi pelatih Barcelona. Hal itu dikabarkan akun media sosial FC Barcelona dan laman resminya beberapa waktu yang lalu. Soal kabar sampai kapan ia melatih Barcelona, sesuai kontrak, yakni sampai 30 Juni 2022 dan berapa nilainya, belum diumumkan sejauh ini.

Legenda Blaugrana dan pahlawan Wembley ini, sekadar diketahui, adalah orang yang memberi Barca kemenangan pertama mereka di Piala Eropa. Barcelona tak perlu ragu, karena Koeman sendiri punya 20 tahun pengalaman sebagai manajer dan delapan trofi di CV-nya.

Ronald Koeman datang ke FC Barcelona setelah melatih di Liga Premier, La Liga, Liga Belanda, Liga Portugis dan juga di pentas internasional bersama Belanda.

Koeman memulai karir kepelatihannya di FC Barcelona sebagai asisten pelatih tim utama dan kemudian sebagai pelatih Barça B pada musim 1998-99.

Musim berikutnya dia pergi ke Vitesse di mana dia tinggal sampai 2001 ketika dia pindah ke Ajax Amsterdam di mana dia memenangkan dua gelar liga, Piala Belanda dan Piala Super Belanda.

Pada tahun 2005 dia pindah ke Portugal dan Benfica, tempat ia memenangkan Piala Super Portugal. Mantan pemain Barca ini kembali ke Belanda pada 2006 ketika dia mengambil alih PSV Eindhoven, memenangkan gelar Eredivisie lagi pada 2007.

Setelah sukses dengan PSV, ia kembali ke Spanyol dan Valencia, memenangkan Copa del Rey. Itu diikuti dengan kembali ke negara asalnya sekali lagi, di mana ia memenangkan Piala Super 2009 bersama AZ Alkmaar sebelum melatih Feyenoord antara 2011 dan 2014.

Koeman menuju Liga Premier untuk musim 2014-15 bersama Southampton sebelum pindah ke Everton di 2016 di mana dia menghabiskan 18 bulan. Pada 2018 ia mengambil alih sebagai pelatih timnas Belanda sebelum kembali ke FC Barcelona sebagai pelatih.

Tags : barcelona
Rekomendasi