Salah Hattrick, Liverpol Unggul TIpis Atas Leeds 4-3

| 13 Sep 2020 05:50
Salah Hattrick, Liverpol Unggul TIpis Atas Leeds 4-3
Penyerang Liverpool Mohamed Salah melakukan selebrasi seusai melengkapi raihan trigol ke gawang Leeds United dalam laga pekan pembuka Liga Premier Inggris 2020/21 di Stadion Anfield, Liverpool, (12/9/2020) (ANTARA/REUTERS/POOL/Shaun Botterill)

ERA.id - Penyerang Liverpool Mohamed Salah mencetak hattrick ketika mengantarkan timnya susah payah mengatasi tim promosi Leeds United 4-3 dalam laga pekan pembuka Liga Premier musim ini di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (13/9/2020) dini hari WIB.

Dua dari hatrrick Salah lahir dari titik putih, diselingi gol sundulan Virgil van Dijk yang tiga kali dibalas Leeds melalui Jack Harrison, Patrick Bamford dan Mateusz Klich, demikian laporan laman Liga Inggris.

Adu Jitu

Pertandingan babak pertama memenuhi ekspektasi adu jitu antara Juergen Klopp melawan Marcelo Bielsa yang sama-sama senang menerapkan strategi high pressing.

Empat menit setelah sepak mula, Liverpool memimpin lewat eksekusi penalti Salah setelah tembakan pertamanya mengenai lengan Robin Koch.

Tetapi keunggulan itu bertahan hanya sejenak karena pada menit ke-12 sebuah serangan cepat Leeds yang diawali umpan jauh Kalvin Phillips berhasil dikendalikan Harrison untuk memperdaya Trent Alexander-Arnold sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu diantisipasi kiper Alisson Becker.

Sadio Mane sempat mencetak gol dari tengah lapangan, tetapi gol itu dianulir karena Andy Robertson lebih dulu terjebak offside dalam proses serangan.

Liverpool kembali memimpin pada menit ke-20 ketika sepak pojok Robertson disambut tandukan tajam Virgil van Dijk yang tak mampu dihentikan kiper Illan Meisler.

Namun pada menit ke-30 Van Dijk melakukan blunder ketika antisipasinya terlalu lemah dan malah memberi bola kepada Bamford yang membayangi di belakangnya sebelum mencetak gol ke area tiang jauh.

Tiga menit kemudian, Liverpool memimpin lagi saat Salah memanfaatkan kemelut dalam kotak penalti Leeds yang gagal mengantisipasi tendangan bebas Robertson dan penyerang Mesir itu melepaskan tembakan keras tanpa memberi kesempatan Meisler untuk menghalaunya.

Hattrick Salah Pungkasi Perlawanan

Keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum dan empat menit memasuki babak kedua, Georginio Wijnaldum mempunyai peluang bagus untuk memperlebar jarak tetapi tembakannya terlalu mengarah ke Meisler yang melakukan penyelamatan dalam kesempatan kedua.

Leeds berhasil menyamakan kedudukan lagi pada menit ke-66 setelah memanfaatkan lini tengah Liverpool yang belum ajeg menyusul pergantian pemain Curtis Jones untuk Jordan Henderson. Lemparan ke dalam Alexander-Arnold bisa direbut para pemain Leeds yang kemudian merangsek ke dalam kotak penalti dan umpan silang Helder Costa dikendalikan satu sentuhan oleh Klich sebelum melepaskan tembakan keras ke area tiang jauh.

Liverpol berjuang keras untuk merestorasi keunggulan tetapi upaya mereka terus dipatahkan oleh barisan pertahanan Leeds yang tampil disiplin.

Cahaya harapan bagi Liverpool hadir pada menit ke-87 ketika Rodrigo Moreno yang melakoni debutnya untuk Leeds membantu pertahanan dalam situasi sepak pojok tetapi malah berakhir melanggar Fabinho yang berbuat tendangan penalti untuk tuan rumah.

Salah dengan tenang mengeksekusi penaltinya untuk melengkapi hattrick-nya sekaligus membawa Liverpool kembali unggul 4-3.

Selepas gol itu, Klopp memasukkan Joel Matip untuk menggantikan Alexander-Arnold guna menebalkan lini pertahanan Liverpool yang praktis menjadi strategi jitu ketika skor 4-3 tak berubah hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Pekan depan, Liverpool akan melawat ke markas Chelsea untuk laga kedua pada Minggu (20/9) sehari setelah Leeds menjamu sesama tim promosi Fulham di Elland Road.

Rekomendasi