Perkenalkan, Falen Maria, Prajurit TNI AD yang Pernah Jadi Pemain AC Milan

| 07 Mar 2021 18:16
Perkenalkan, Falen Maria, Prajurit TNI AD yang Pernah Jadi Pemain AC Milan
Falen Maria (Dok. TNI AD)

ERA.id - Seorang prajurit TNI Angkatan Darat (AD) Falen Maria, putra Manokwari, Papua ternyata pernah bermain untuk klub sepak bola AC Milan, tepatnya AC Milan Camp Junior.

Falen Maria menjadi pemain sepak bola AC Milan Camp Junior pada 2011 sebelum masuk sekolah milter.

Saat duduk di bangku SMP, Falen yang kini berusia 24 tahun pernah membawa sekolahnya, SMP PG 2 Manokwari sebagai juara I di kejuaraan sepak bola Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tahun 2005. 

Dari situ, Falen mendapat tawaran dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua untuk mengikuti seleksi Danone Cup di Makassar. 

"Namun saat ikut seleksi Danone Cup saya tidak lolos," ujar Falen dikutip dari tayangan YouTube TNI AD, Minggu (7/3/2021), 

Kegagalan itu tidak membuatnya menyerah. Falen pun terus berlatih dan mengasah kemampuannya di lapangan hijau. Setelah itu dia kembali dibawa oleh KONI Papua untuk mengikuti seleksi AC Milan Camp Junior di Bali.

Ketika tiba di Bali, dia harus bersaing dengan 1.500 orang yang ikut seleksi. Sementara, AC Milan Camp Junior hanya mengambil 18 orang terbaik untuk mewakili Indonesia untuk bermain di Italia. Falen pun terpilih menjadi salah satunya. 

"Saya ikut AC Milan ni banyak orang bilang ni saya mungkin paling pendek," ujarnya.

Pada pengumuman terakhir, satu malam sebelum pembagian tiket untuk berangkat ke Milan, Falen mendapatkan kabar duka, yaitu ayahnya meninggal dunia di Manokwari, Papua. 

Mendapatkan kabar itu Falen sempat terpukul. Di satu sisi dia menginginkan menoreh prestasi di dunia sepak bola, di sisi lain dia telah ditinggal pergi untuk selamanya oleh ayahnya.

"Saya sangat sedih. Malam itu pas pengumuman seleksi terakhir dan pembagian tiket," ungkap Falen.

Falen akhirnya lolos seleksi dan setelah pembagian tiket dia berangkat ke Milan. 

"Besok paginya saya berangkat hanya dengan mengiringi doa dan air mata saya berangkat ke negara luar," ungkapnya. 

Selama berada di Milan, Falen berusaha mewujudkan pesan terakhir ayahnya yang telah meminta dirinya dapat membahagiakan keluarga melalui sepak bola. 

Dia berlatih keras dan penuh disiplin. Sampai pada akhirnya dia berhasil menaklukkan lawan-lawannya di Italia dalam kompetisi AC Milan Camp Junior.

Falen pun kembali ke Indonesia. Setelah berada di Papua, Falen menjadi tulang punggung untuk mama dan adik-adiknya. Dia bekerja dengan menjaga toko sambil tetap bermain sepak bola dengan teman-temannya. 

Sampai pada akhirnya tiba, Falen mendapatkan informasi bahwa ada pendaftaran untuk menjadi tentara melalui jalur Otonomi Khusus (Otsus). 

Dia pun langsung bergegas untuk mendaftarkan diri untuk jadi seorang prajurit TNI. Falen mengaku, dirinya sangat terdorong untuk masuk tentara karena teman-teman bermain sepak bolanya sudah lebih dulu lulus seleksi Bintara TNI angkatan sebelumnya. 

Rekomendasi