Vettel Sebut FIA 'Tidak Profesional' Terkait Penalti di GP Imola

Tim Editor

Pebalap Formula One dari tim Aston Martin, Sebastian Vettel. (Foto: Formularacers/Twitter)

ERA.id - Juara dunia empat kali di balap Formula One, Sebastian Vettel, mengritik panitia balapan pada hari Minggu, (18/4/2021), karena tidak profesional terkait cara mereka menyampaikan penalti selama balapan di Emilia Romagna Grand Prix di Imola.

Melansir ESPN, pebalap tim Aston Martin itu harus memulai balapan dari pitlane menyusul insiden overheat pada komponen rem mobilnya beberapa saat sebelum balapan dimulai.

Para teknisi telah menarik mobilnya dari posisi start, namun, tidak mampu membenahi problem yang terjadi lima menit sebelum balapan dimulai. Akibatnya penalti 10 detik diberikan kepada tim Vettel, namun, hal ini baru disampaikan ketika balapan sudah berjalan selama 20 menit.

"Teknisi kami telah mencoba segalanya saat mobil berada di posisi start, dan saya rasa mereka telah bekerja dengan baik. Jadi mereka benar-benar siap. Namun, saya rasa, kami bisa membalap dengan lebih baik jika FIA jauh lebih siap," sebut pebalap asal Jerman tersebut kepada kanal TV, Sky Sports, mengenai Federation Internationale de l'Automobile, badan yang menaungi olahraga balap di seluruh dunia.

"Saya rasa kami melanggar aturan. Itulah kenapa kami diberi penalti. Namun, mereka tidak berkata apa-apa hingga kami sudah menjalani balapan. Di titik tersebut penalti menjadi lebih berdampak jika dibandingkan saat balapan baru saja dimulai. Jadi itu tidak profesional."

Namun, Vettel mengakui bahwa urusan penalti bukan faktor satu-satunya yang mempengaruhi performa dia dan timnya selama balapan di Italia.

Di luar itu, Vettel mengaku cukup senang pebalap yang satu tim dengannya, Lance Stroll, bisa mendapatkan poin meski juga mengalami masalah rem yang sama menjelang balapan.

"Saya rasa ia cukup beruntung tidak harus memulai balapan dari pitlane," sebut Vettel, dikutip ESPN. "Setidaknya kami bisa mendapat poin."

Tag: sebastian vettel balapan formula 1

Bagikan: