Baru 14 Tahun, Pebasket Putri China Viral di Medsos karena Tingginya Lebih dari 2 Meter

| 21 Jul 2021 15:55
Baru 14 Tahun, Pebasket Putri China Viral di Medsos karena Tingginya Lebih dari 2 Meter
Zhang Ziyu (Dok: Weibo)

ERA.id - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan seorang pebasket wanita yang memiliki tinggi lebih dari dua meter. Menariknya, pebasket wanita itu baru berusia 14 tahun yang berasal dari China.

Menurut laporan SCMP, pebasket 14 tahun itu diketahui bernama Zhang Ziyu asal Tiongkok. Potretnya menjadi viral setelah sebuah rekaman tersebar secara online di media sosial asal China, Weibo.

Ziyu terlihat memiliki postur tubuh yang jauh berbeda dari teman-teman satu tim maupun lawan mainnya. Padahal dalam pertandingan itu, ia bertanding untuk kategori usia di bawah 15 tahun.

Selama pertandingan, Zhang Ziyu berhasil mencetak 42 poin dan meraih 25 rebound dalam permainan bola basket dan melakukan enam blok.

Dalam laporan SCMP, disebutkan bahwa Zhang Ziyu memiliki tinggi mencapai 2,26 meter. Tinggi badannya itu hanya memiliki selisih 0,03 meter dengan pemain NBA asal China, Yao Ming.

Postur badan yang sangat tinggi ini rupanya didapat dari gen keluarganya yang juga memiliki tinggi badan yang luar biasa. Orang tuanya diketahui adalah pemain profesional bola basket, ibunya, Yu Ying adalah anggot tim nasional Tiongkok.

Ayah Zhang diketahui memiliki tinggi mencapai 2,13 meter, sedangkan Ibunya 1,98 meter. Tidak heran bahwa Zhang akhirnya memiliki postur tubuh yang sangat tinggi dibandingkan anak-anak seusianya.

Menurut laporan media lokal China, Global Times, postur tubuh Zhang Ziyu ini sudah menjulang tinggi sejak dirinya masih kanak-kanak. Tinggi Zhang bahkan sudah mencapai 1,6 centimeter ketika dia duduk di bangku sekolah dasar.

Pertumbuhannya kian pesat saat Zhang naik ke kelas 6 SD. Di mana tingginya sudah mencapai 2,1 meter. Dengan postur tubuh seperti itu, Zhang diprediksi bisa menjadi pebasket putri masa depan China. Tetapi hal itu tergantung pada kondisi dan perkembangan fisik Zhang di masa depan.

Rekomendasi