Ketua KONI: Kesiapan Arena PON Papua Sudah di Atas 95 Persen

| 28 Aug 2021 13:10
Ketua KONI: Kesiapan Arena PON Papua Sudah di Atas 95 Persen
Sejumlah pekerja melakukan perawatan salah satu venue pertandingan jelang pelaksanaan PON Papua XX, di stadion Katalpal, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (26/8/2021). (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

ERA.id - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan arena untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung 2-15 Oktober siap digunakan meski ada beberapa lokasi masih dalam penyempurnaan.

"Kesiapan venue PON secara umum, keseluruhan sudah betul-betul sesuai dengan target kita, sudah di atas 95% tinggal finishing-finishing,” kata Marciano Norman dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Sabtu, (28/8/2021).

Melansir ANTARA, orang nomor satu di KONI Pusat itu sebelumnya melakukan pengecekan beberapa arena yang akan digunakan untuk kejuaraan empat tahunan itu yang salah satunya lapangan rugbi yang dikerjakan oleh kontraktor PT PP.

"Lapangan rugbi ini sekarang tahap penyelesaian akhir, tinggal nanti memasang rumputnya. Rumput sintetisnya dipasang,” katanya menambahkan.

Meski lapangan rugbi yang dibangun di kompleks TNI Angkatan Udara itu belum sepenuhnya tuntas, Marciano menegaskan semuanya sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan.

"Rugbi pertandingannya  terakhir sehingga mereka baru akan mulai tanggal 10 Oktober sampai 13 Oktober jadi menjelang penutupan baru ini (venue rugbi) dipakai. Ini memberikan kesempatan kepada kontraktor yang mengerjakan untuk menyelesaikan pekerjaan ini,” kata Marciano menegaskan.

Untuk arena kejuaraan lain yang tersebar di empat klaster yakni klaster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Meruake, mantan Ketua BIN itu memastikan semuanya dalam pemantauan.

“Untuk venue-venue lain, semua sudah dalam kondisi terbaik,” tandasnya.

Setelah mengecek lapangan rugbi di kompleks TNI Angkatan Udara, Jumat (27/8) Ketua Umum KONI Pusat juga mengecek arena bisbol, sofbol, hoki indoor, hoki outdoor, kriket dan juga wisma atlet. Semuanya dalam kondisi baik dan siap digunakan, bahkan jaringan internet sudah masuk ke venue.

Terkait dengan adanya isu penutupan beberapa arena kejuaraan oleh masyarakat setempat diklaim sudah diselesaikan.

Tags : koni PON papua
Rekomendasi