TransJakarta Tambah Armada Bus Listrik, Begini Cara Charger-nya!

| 05 Oct 2022 22:30
TransJakarta Tambah Armada Bus Listrik, Begini Cara Charger-nya!
Bus Zhongtong (Foto: Instagram/@zhongtong_sl_)

ERA.id - Bus listrik menjadi salah satu solusi terhadap persoalan tersebut. Bus ramah lingkungan ini telah melalui proses kajian yang mendalam, ditambah lagi dengan sistem pengujian berkala yang telah dikembangkan oleh pemerintah.

Kehadiran bus listrik menjadi pertanda semakin majunya teknologi dan elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Merek bus Zhongtong menghadirkan berbagai bus listrik yang pastinya ramah lingkungan ketika ikut serta dalam pameran Busworld Sea Games 2022.

Triadi, Director PT. Mobil indo Armada Cemerlang mengatakan bahwa charger bus listrik sama seperti ponsel. Ia mengatakan bus listrik hanya membutuhkan waktu 1,5 jam charging.

"Pengecasan sama saja baterai HP, kayak 20 persen kita melakukan pengecasan sampai 100 persen. Isi waktu pengisian 1,5 jam sudah sampai 100 persen sudah penuh," ujar Triadi saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (5/10/2022).

Bus listrik (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Bus listrik (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 

Triadi mengatakan bahwa baterai listrik hanya bertahan 8 tahun saja. Tetapi, kemampuan baterai sebenarnya mengalami penurunan hingga 3-4 tahun.

"Baterai bus listrik itu umurnya 8 tahun. Selesai umur 8 tahun, baterai harus diganti. Jangan lupa 3-4 tahun mengalami penurunan dari kemampuan baterai. Tapi desain baterai sampai 8 tahun," jelasnya.

Kendala dari bus listrik adalah harga yang dipasarkan masih sangat mahal. Mobil listrik Zhongtong juga sudah beroperasi di Jakarta.

"Kalau bus 6 m tergantung asesoris, tergantung baterai seberapa besar dipakai. Kendala Indonesia adalah harga yang masih tinggi. Sama seperti mobil listrik yang masih tinggi," paparnya.

"Bus listrik mendatangkan 2 tahun lalu. Tapi karena pandemi ya belum beroperasi, tapi sudah di uji coba Jakarta," lanjutnya.

Bus TransJakarta sudah mempersiapkan 160 armada bus listrik. Bus Zhongtong ikut andil dan bekerjasama dengan TransJakarta.

"Bus kami, bus gandeng di trans jakarta ada 160 bus. Ya bekerjasama (dengan TransJakarta)," ucapnya.

"Kami menjual produk ke operator-operator. Sudah 12 tahun berjalan dan elektrik yang baru. Kami khusus transportasi bus dan tak menjual produk kecil seperti mobil dan motor." lanjutnya.

Tags : bus listrik
Rekomendasi