Cocok Bagi Pecinta Fotografi, 4 Jenis Fitur Kamera Canggih Smartphone Rilisan Terbaru

| 08 Sep 2023 09:15
Cocok Bagi Pecinta Fotografi, 4 Jenis Fitur Kamera Canggih Smartphone Rilisan Terbaru
Kamera canggih smartphone (Foto: Freepik/freepik)

ERA.id - Kamera smartphone mempunyai beragam kelebihan dan kemudahan dalam pengoperasian fitur-fitur canggih yang bisa kita maksimalkan pemakaiannya. Beragam situasi dapat diabadikan dengan hasil yang memesona jika memahami fitur-fitur kamera ponsel canggih. Tentunya ini sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi.

Dalam rangka peluncuran vivo V29 Series 5G, Fendy Tanjaya, Product Manager Vivo Indonesia  membeberkan apa saja jenis fitur kamera canggih smartphone yang bisa kamu pergunakan. Berikut 4 jenis fitur kamera canggih smartphone menurut Fendy saat ditemui di kawasan Metro Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Kamis (7/9/2023). 

Konferensi pers Peluncuran vivo V29 (Foto: Era.id/Adelia)
Konferensi pers Peluncuran vivo V29 (Foto: Era.id/Adelia)

1. Aura Light Portrait with Smart Lighting Control

Vivo mengembangkan vivo V29 dengan penekanan khusus pada elemen portrait photography. Dilengkapi dengan teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control, vivo V29 dapat mengubah jepretan apapun menjadi lebih hidup berkat kombinasi presisi antara unsur cahaya dan bayangan. 

Dengan sudut iluminasi sebesar 360 derajat, fitur ini dapat menghasilkan pencahayaan yang merata di semua sudut yang mencakup daerah pencahayaan yang 9 kali lebih besar dari lampu flash biasa, 20 persen berdiameter lebih besar, dan 36 persen lebih terang dibanding dengan teknologi Aura Light Portrait sebelumnya. 

Peningkatan ini memungkinkan objek foto untuk dapat teriluminasi dengan lebih jelas dan pengurangan area-area gelap secara signifikan.

Tidak hanya membuat Aura Light Portrait lebih terang dan besar, generasi terbaru ini dapat secara cerdas menyesuaikan kecerahannya sesuai dengan cahaya sekitar dan menyesuaikan suhu warna yang paling tepat untuk mendapatkan hasil portrait layaknya di sebuah studio foto. 

"Ditempat hasil foto jelas terlihat natural seperti menggunakan kamera profesional. Kecerahan aurora ditambah 36 persen dilihat cerah saat dibawah lampu studio. Suhu warna tepat supaya mendapatkan potret selayaknya studio," katanya.

2. Fitur Smart Lighting Control 

Fitur menjadi sebuah fitur eksklusif vivo yang dapat menjadi perancang pencahayaan pribadi khusus untuk pengguna. Ketika pengguna dikelilingi cahaya kemerahan, Aura Light akan secara otomatis menyesuaikan suhu warna untuk memancarkan warm light atau pada cahaya kebiruan yang akan memancarkan cool light. 

Fitur ini membuat hasil portrait lebih natural dan jernih dengan pencahayaan lebih merata. Vivo juga menyematkan paket kamera terbaik bagi vivo V29. Mengusung 50MP OIS Ultra-Sensing Camera + 8MP Super Wide-Angle + 2MP Monochrome Camera.

Pengguna dapat semakin berkreasi dalam menghasilkan foto atau video dengan lebih mendetail dan stabil. Selain itu, vivo menyertakan kamera depan dengan resolusi paling tinggi di kelasnya, 50MP AF Group Photo pada vivo V29.

Ini dapat memberikan suguhan welfie grup yang lebih hidup dan luas dengan sudut lebar yang ditingkatkan sebanyak 92°. Keseluruhan teknologi kamera pada vivo V29 ini mampu menyediakan pengalaman fotografi maupun videografi ala studio foto profesional bagi penggunanya.

"Fitur ini menyesuaikan cahaya sekitar. Ketika dikelilingi cahaya merah, bisa menyesuaikan agar potret terlihat merata warnanya. Ketika kebiruan, menyesuaikan light supaya estetik," jelasnya.

3. Super Night Video

Vivo V29 (Foto: Era.id/Adelia)
Vivo V29 (Foto: Era.id/Adelia)

Menyimpan segudang fitur fotografi, vivo V29 juga membawa fitur Super Night Video untuk merekam video pada kualitas yang jernih dan cerah pada kondisi pencahayaan yang redup maupun gelap. 

Selain memanfaatkan fitur ini sebagai yang utama untuk merekam video dalam kondisi gelap, pengguna dapat juga menggunakan fitur Aura Light sebagai alternatif. 

"Kita bisa menyesuaikan warna sesuai keinginan sendiri. Fotografi sensor cahaya. Potret terlihat stabil dan warna disiang maupun malam hari akan sesuai," ucapnya.

4. Ultra Stable Video

Tidak cuma itu, pada aspek perekaman video, pada vivo V29 juga disematkan fitur Ultra Stable Video yang akan sangat membantu proses perekaman konten-konten pada mobilitas gerakan yang tinggi tanpa harus khawatir akan hasil yang kabur ataupun terguncang. 

Masih pada aspek video, vivo V29 juga dilengkapi dengan fitur Vlog Movie Creator, yang saat ini dapat memanfaatkan teknologi Aura Light Portrait untuk membuat video vlog secara instan dengan hasil layaknya kamera profesional.

"Video menjadi tren sekarang ini. Oleh karena itu, vivo V29 menghasilkan video yang minim goncangan. Kita bisa merekam dengan fitur keren ini yaitu Super Night Video," ucapnya.

5. Fitur Food Mode dan Super Moon Mode 

Mulai dari fitur Food Mode untuk menangkap jepretan makanan yang semakin menggugah selera hingga menangkap keindahan bulan yang memukau serta jepretan langit malam yang menawan dengan fitur Super Moon Mode + Astro Mode, membuat vivo V29 dapat diandalkan bagi untuk selalu up-to-date dengan tren saat ini.

"Ketika kita makan, tentunya ingin mengabadikan makanan. Kita menghadirkan fitur food mode agar mendapatkan hasil menggoda dan menguggah selera," paparnya.

"Super Moon mode untuk menangkap momen adanya bulan. Dengan bidikan bintang-bintang malam hari sangat jelas dengan kamera profesional ini," lanjutnya.

Rekomendasi