Mengenal Jasa Inspeksi Mobil, Direkomendasikan Bagi Anda yang Berniat Beli Mobil Bekas

| 26 Sep 2023 22:15
Mengenal Jasa Inspeksi Mobil, Direkomendasikan Bagi Anda yang Berniat Beli Mobil Bekas
Ilustrasi jasa inspeksi mobil. (Foto: Pixabay)

ERA.id - Untuk sebagian besar masyarakat, mobil bekas merupakan pilihan tepat bagi yang ingin membeli mobil dengan dana yang terjangkau. Ketika Anda memiliki niat untuk membeli mobil bekas, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Antara lain anggaran yang digunakan, jenis mobil sesuai kebutuhan, dan melakukan inspeksi mobil untuk memastikan mobil yang Anda beli dalam kondisi yang layak untuk digunakan. Dalam artikel kali ini, kita akan mengenal jasa inspeksi mobil lebih jauh.

Mengenal Jasa Inspeksi Mobil

Jasa inspeksi mobil menyediakan layanan secara profesional untuk memeriksa atau mengecek kondisi mobil secara menyeluruh, potensi kerusakan, serta membantu Anda untuk menentukan keputusan yang tepat sebelum membeli mobil.

Jasa inspeksi mobil bekas dapat Anda temukan di bengkel mobil maupun individu yang memang ahli dalam bidangnya. Meskipun harus mengeluarkan biaya lebih, tapi proses ini sangat penting agar Anda terhindar dari risiko lebih besar. Oleh sebab itu, tentu tidak ada salahnya menggunakan jasa ini saat hendak membeli mobil bekas.

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang Anda dapatkan saat menggunakan jasa inspeksi mobil:

Menghindari Kerugian Secara Finansial di Hari Esok

Dengan memahami kondisi mobil yang akan Anda beli, tentunya Anda dapat memperhitungkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis atau saat mobil Anda membutuhkan reparasi di masa mendatang. Jika setelah diperiksa Anda mendapatkan unit mobil yang berkualitas, maka Anda hanya harus menyediakan dana untuk menjalankan perawatan rutin saja. Namun, jika Anda mendapatkan unit mobil yang kurang terawat, maka Anda harus menyediakan dana lebih jika suatu saat mobil Anda mengalami kerusakan.

Mengetahui Kondisi Mobil Bekas

Dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas, Anda bisa memahami kondisi keseluruhan dari mobil yang akan Anda beli. Pada umumnya, kondisi eksterior mobil memang dapat dilihat dari kemulusan bodi dan kondisi cat secara langsung. Namun, untuk kondisi kelistrikan, mesin, dan bagian kaki-kaki mobil perlu diperiksa lebih detail agar di kemudian hari tidak mengundang risiko.

Bagi Anda yang tidak terlalu memahami semua suku cadang atau spare part mobil, jasa inspeksi akan melakukan layanan terbaiknya untuk Anda. Jasa inspeksi mobil independen akan melaporkan hasil pengamatan terkait kondisi mobil secara apa adanya tanpa memihak ke penjual.

Ilustrasi pengecekan dalam jasa inspeksi mobil. (Foto: Pixabay)

Berapa Biaya Inspeksi Mobil Bekas?

Harga jasa inspeksi mobil bekas sendiri cukup beragam di tiap daerah dan bergantung pada beberapa faktor, misalnya jenis mobil dan tingkat inspeksi yang diterapkan. Namun, secara umum biasanya jasa inspeksi mobil terbagi menjadi dua:

1. Inspeksi Mobil Standar

Biaya inspeksi mobil bekas standar umumnya dimulai dari harga Rp200 ribuan hingga Rp600 ribuan atau di bawah satu juta rupiah. Inspeksi standar mencakup pemeriksaan eksterior dan interior, mesin, dan kelistrikan.

2. Inspeksi Mendalam

Inspeksi mobil bekas yang lebih mendalam mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang lebih tinggi, sebab prosesnya membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Pada umumnya, inspeksi mendalam dimulai dari harga Rp600 ribuan sampai jutaan rupiah. Harga ini memang memiliki range yang lebih luas karena inspeksi yang dilakukan tergantung permintaan dan tiap jenis serta merk mobil memerlukan kemampuan mekanikal yang berbeda beda.

Nah, demikianlah sedikit penjelasan untuk mengenal jasa inspeksi mobil. Setelah memahami apa itu jasa inspeksi mobil, Anda jadi lebih matang dalam mempertimbangkan keputusan Anda untuk membeli mobil bekas. Selain itu, Anda juga dapat memahami berapa banyak biaya yang diperlukan untuk melakukan reparasi di masa yang akan datang.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi