TikTok Uji Coba Fitur Baru Sub Space, Apa Fungsinya?

| 15 Feb 2024 20:25
TikTok Uji Coba Fitur Baru Sub Space, Apa Fungsinya?
Ilustrasi TikTok terlihat di layar smartphone di New York, Amerika Serikat. ( ANTARA/Xinhua/Wang Ying/am)

ERA.id - Platform media sosial, TikTok sedang menguji coba fitur eksklusif baru bernama Sub Space. Lantas, apa itu fitur Sub Space? 

Sub Space merupakan fitur tambahan TikTok yang memungkinkan pembuat konten TikTok LIVE dapat berinteraksi dengan pelanggan (subscriber ) mereka.

Menurut laporan Tech Crunch, fitur Sub Space sedang dalam pengujian tahap awal dan dirancang untuk membantu pembuat konten meningkatkan interaksi di dalam komunitasnya, sambil menawarkan keuntungan tambahan kepada pelanggan.

Dengan fitur tersebut, para kreator konten dapat mengunggah utas dengan topik tertentu dan membuat polling saat berinteraksi dengan subscriber mereka.

Meskipun pembuat konten TikTok LIVE sebelumnya dapat berinteraksi dengan penontonnya melalui kolom obrolan selama siaran berlangsung, fitur baru ini dikhususkan bagi pembuat konten untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan berbayar.

Penambahan fitur baru Sub Space dinilai dapat menarik penonton reguler untuk mendaftar dan berlangganan agar mendapatkan akses konten eksklusif dari kreator.

Para kreator dapat memilih untuk membuat utas berdasarkan topik yang disarankan atau membuat topik sendiri. Misalnya, mereka dapat meminta pelanggan mereka untuk memperkenalkan diri, mengajukan pertanyaan atau berbagi kesan tentang konten yang disukai.

Fitur ini juga memungkinkan bagi kreator konten untuk membagikan cuplikan atau informasi tentang konten mereka kepada pelanggan, mirip dengan fitur Broadcast Channels di Instagram.

Kreator konten juga dapat membuat utas yang dikhususkan untuk menampilkan jadwal siaran langsung mereka agar para pelanggan tetap mendapatkan informasi terbaru mengenai siaran langsung dari pembuat konten yang diikutinya.

Fitur Sub Space lainnya adalah polling yang dapat dimanfaatkan pembuat konten untuk meminta pendapat pelanggan tentang konten siaran langsung seperti apa yang ingin mereka lihat, atau preferensi waktu berlangsungnya siaran langsung.

Fitur Sub Space ini muncul sebagai upaya TikTok untuk mempromosikan TikTok LIVE dan berpotensi menandingi platform siaran langsung, Twitch dengan menarik lebih banyak penonton dari kalangan penggemar gim.

Rekomendasi