Cara Melihat Google Maps Berdasarkan Tahun, Begini Langkahnya

| 29 Mar 2024 09:00
Cara Melihat Google Maps Berdasarkan Tahun, Begini Langkahnya
Ilustrasi (HenryPerks / Unsplash)

ERA.id - Google menyediakan aplikasi Google Maps yang mempermudah pengguna untuk melihat peta di seluruh wilayah mana pun. Dengan memanfaatkan sebuah fitur di aplikasi tersebut, pengguna dapat melihat suatu jalan atau tempat tertentu. Bahkan pengguna bisa melakukan cara melihat Google Maps berdasarkan tahun. Seorang warganet X (sebelumnya Twitter) melalui akun @tanyakanrl mengunggah tangkapan layar momen sebuah rumah yang terabadikan kamera Google Maps pada tahun 2019.

"Nenekku terpantau kamera google maps lagi jemur padi," demikian narasi dalam foto. "Terimakasih Google Maps sudah mengabadikan momen ini," lanjut narasi tersebut.

Selanjutnya, si pengunggah pun menanyakan cara untuk mengatur tahun di Google Maps agar dapat meninjau lokasi tertentu sesuai dengan tahun yang dicari.

“Cara liat google maps berdasarkan tahun gimana ya?” katanya pada hari Jumat (22/3/2024).

Unggahan tersebut sudah disaksikan lebih dari 757.900 kali dan mendapat suka lebih dari 20.000 kali. Lantas, bagaimana cara melihat Google Maps berdasarkan tahun tertentu? Begini penjelasan selengkapnya.

Ilustrasi (foto: Tamas Tuzes-Katai / Unsplash)

Cara melihat Google Maps berdasarkan tahun

Mengutip WikiHow (27/03/2024), berikut cara mengatur tahun di Google Maps:

Buka maps.google.com di browser

Anda dapat menggunakan browser web apa pun di komputer atau laptop untuk melihat kembali masa lalu dengan Google Maps. Hal yang perlu Anda ketahui, kembali ke masa lalu atau mengatur tahun ini hanya tersedia untuk gambar Street View. Jika Anda ingin melihat gambar dan peta satelit historis, lakukan metode ini.

Klik dan seret ikon manusia berwarna oranye ke lokasi di peta

Ikon manusia oranye ini bisa Anda temukan di sudut kanan bawah Google Maps. Ketika ditarik, ikon ini seolah bergelantung pada kursor. Selanjutnya akan mengalihkan pengguna ke Street View, dengan garis-garis atau titik-titik biru untuk melepaskan ikon manusia oranye di jalan atau tempat yang ingin dilihat. Kemudian, Street View pun akan memperlihatkan foto-foto area tersebut dengan first-person view.

Klik “Lihat tanggal lainnya” atau “See more dates”

Pengguna akan mendapati pilihan menu ini di dekat sudut kiri atas, dengan tulisan "Lihat tanggal lainnya", jika pengaturan bahasa dengan bahasa Indonesia dan "See more dates" jika menggunakan bahasa Inggris.

Pilihan ini akan memberikan Anda daftar foto Google Street View dari beberapa tanggal sebelumnya di bagian bawah layar. Dari situ, pengguna juga dapat melihat perubahan dari suatu jalan atau tempat dari tahun ke tahun.

Klik gambar dari waktu sebelumnya

Ketika Anda klik pratinjau di bagian bawah, gambar ukuran penuh akan membesar di bagian atas layar dan Anda akan melihat tanggal direkamnya. Anda pun bisa berjalan-jalan dan menyaksikan foto-foto di sekelilingnya dari tanggal yang sudah Anda pilih tersebut.

Demikianlah ulasan tentang cara melihat Google Maps berdasarkan tahun, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi