Kominfo Luncurkan Aplikasi Buku Digital Bernama SakuIn

Tim Editor

Ilustrasi SakuIn (Antara)

Era.id - Kominfo kini memiliki aplikasi buku digital, SakuIn, yang merupakan singkatan dari Saku Informasi. Aplikasi tersebut dapat diunduh di toko aplikasi Play Store, namun belum tersedia di App Store.

Dari penjelasan informasi mengenai SakuIn, aplikasi tersebut dirilis pada 16 Juni 2019. Sakuin berisi sejumlah kategori, di antaranya buku dan komik.

"Pada kategori buku, umumnya berisi tentang pemerintahan, namun ada pula buku seputar diabetes, serta buku seputar sejarah dan warisan budaya Indonesia," ujar Sekretarus Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Niken Widiastuti.

Sementara, pada kategori komik, terdapat karya komik anak bangsa dengan sejumlah judul menghibur, seperti "Emak Super" dan "Lokanatha," yang di dalamnya terdapat pesan sosial, juga terdapat sejumlah judul untuk anak-anak yang kaya akan pesan moral.

Selain SakuIn, ada juga aplikasi Ipusnas serta CCProse yang dipunyai Google. Sayangnya, layanan tersebut belum tersedia di Indonesia.

Meski belum hadir di Indonesia, Communications Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan, mengatakan bahwa Google memiliki beragam inisiatif untuk mendukung literasi Indonesia. salah satunya "Dongeng, yuk!" di Youtube Kids.

Diketahui, tren pencarian buku di Indonesia terpantau meningkat selama pandemi. Google Trends mencatat pencarian buku naik pada April 2020, yang merupakan puncak tertinggi selama 12 bulan terakhir, dengan pencarian buku digital mencapai puncak tertinggi pada awal Juni 2020.

Tag: kemkominfo

Bagikan: