Cara Mudah dan Cepat Ubah Ikon Apps iOS 14 Sesuai Selera

Tim Editor

(Capture iPhone/Nurul Tryani/Era.id)

ERA.id - Para pengguna iPhone, khususnya yang sudah upgrade ke iOS 14 tentunya sudah banyak mendapat pembaruan yang makin canggih atau justru makin menurun. Tapi salah satu hal yang menarik setelah upgrade iOS 14 ialah para pengguna bisa mengubah ikon apps yang ada jadi lebih menarik dan sesuai keinginan. 

Bagi sebagian iPhone user, mengubah ikon apps di ponsel memang bukan hal penting dan harus dilakukan. Selain harus beradaptasi dengan ikon baru, pengguna juga harus meluangkan waktunya mengubah ikon apps itu satu per satu. 

Tapi hal ini enggak berlaku bagi iPhone user yang penasaran dan senang bereksperimen dengan hal-hal seperti itu. Lalu, bagaimana sih cara mudah dan cepat ubah ikon apps itu? 

Berdasarkan hasil eksperimen tim Era.id, ternyata mengubah ikon apps bisa dilakukan dengan cara yang cepat dan mudah. Yuk ikuti paduan di bawah ini.

1. Kumpulkan Foto Pengganti Ikon Apps Sesuai Keinginan

Langkah awal dan yang paling bikin ribet adalah mengumpulkan gambar ikon satu per satu. Pastikan kamu sudah memilih tema yang akan kamu pilih untuk tampilan barunya ya, misalnya nuansa neon, rustic, retro, atau warna-warna pastel kesukaan kamu. 

(Capture iPhone/Nurul Tryani/Era.id)

Gambar ikon apps ini bisa kamu cari di Google, Freepict, Pinterest, atau buat gambar orisinal sendiri.

2. Masuk Aplikasi Shortcut

Setelah semua gambar terkumpul saatnya mulai bereksprimen nih gengs. iOS 14 ini sudah menyediakan kolom sendiri di bagian paling belakang, semacam kumpulan semua aplikasi di ponsel kamu sesuai kategori. 

(Capture iPhone/Nurul Tryani/Era.id)

Tapi kali ini kamu dimudahkan dengan kolom search di bagian paling atas. Di kolom itu kamu ketik “Shortcuts”, kemudian pada bagian pojok atas klik tanda “plus (+)”. 

3. New Shortcuts dan Open App

Jika sudah klik tanda “plus (+)” kamu akan melihat tampilan New Shortcuts, yang menampilkan “Add Action”. Langsung saja kamu klik dan ketik “Open App” di kolom search. 

Setelah itu layar Shortcuts kamu akan muncul kolom Scripting dengan pilihan kata “Choose”. Kamu klik tulisan itu dan pilih aplikasi apa yang mau kamu ubah ikon apps-nya.

(Capture iPhone/Nurul Tryani/Era.id)

Kemudian setelah dipilih kami akan kembali ke layar Scripting seperti sebelumnya. Tapi kali ini kamu bukan pilih “Next”, tetapi ikon titik tiga dibawah kata “Next”. 

4. Isi Details dan Ganti Foto

Langkah selanjutnya kamu akan mengisi details dari ikon apps yang mau kamu ubah, misalnya ikon WhatsApp. Lalu dibagian Shortcut Name kamu ketik WhatsApp atau sesuai keinginan kamu. 

Pastikan jika kamu memilih nama lain selain aplikasi yang sebenarnya kamu ingat ya. Usai mengisi Shortcuts Name, kamu klik kolom yang ada tepat dibawahnya, Add to Home Screen. 

(Capture iPhone/Nurul Tryani/Era.id)

Sama seperti sebelumnya kamu harus mengisi nama aplikasi yang mau diubah. Nah sampai tahap ini lah yang jadi penentu ikon apps kamu berubah gambar sesuai keinginan mu dengan mengganti fotonya. 

Caranya gampang banget, kamu cuma perlu klik foto di kolom “Home Screen Name and Icon”, lalu pilih gambar yang sebelumnya sudah kamu simpan dan cari sesuai dengan tema, lalu klik “Add” dibagian pojok kanan dan klik “Done”. 

Sampai tahap ini proses mengubah ikon apps di iPhone iOS 14 kamu sudah selesai deh. Kamu cuma perlu mengulang langkah yang sama jika mau mengubah banyak ikon ya.

Tapi sayangnya kalau kamu mengubah ikon apps ini ponsel mu secara otomatis tidak akan menerima notifikasi di masing-masing ikon yang sudah diganti, enggak seperti sebelumnya semua total chat dan notifikasi akan muncul di ikon apps. Selamat mencoba! 

Tag: iphone ios 14

Bagikan: