Cara Mengetahui Sumur Mengandung Gas Beracun, Begini Langkah-langkahnya

| 21 Sep 2023 19:04
Cara Mengetahui Sumur Mengandung Gas Beracun, Begini Langkah-langkahnya
Cara mengetahui sumur mengandung gas beracun

ERA.id - Sumur timba atau sumur konvensional yang lama tidak digunakan dan ditutup rapat, biasanya mengandung gas beracun. Sumur jenis ini tentunya sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian bagi orang yang memperbaiki sumur. Lantas bagaimana cara mengetahui sumur mengandung gas beracun? Simak penjelasannya di bawah ini.

cara mengetahui sumur mengandung gas beracun

Jenis Gas Beracun dalam Sumur

Karbon monoksida (CO)

Saat paru-paru bernafas, gas yang dihirup adalah Oksigen (02), tetapi jika seseorang menghirup gas lain yang berbahaya salah satunya Karbon monoksida (CO), tentunya hal ini merupakan hal yang buruk. Gas karbon monoksida (CO) berasal dari pembakaran bahan bakar mesin pompa air yang tidak sempurna. Pada waktu yang bersamaan, hasil pembakaran akan menghasilkan gas buang lain seperti karbon dioksida (CO2).

Jenis kedua gas ini tentu sangat berbahaya jika dihirup oleh manusia. Gas CO akan masuk dalam sistem pernafasan dan terikat dalam aliran darah dalam paru-paru, sehingga seseorang akan menjadi lemas, tidak menutup kemungkinan akan terjatuh dalam sumur dan mengakibatkan kematian.

Hidrogen Sulfida (H2S)

Gas beracun memiliki ciri tidak bewarna dan beraroma seperti telur busuk. Juga memiliki massa jenis yang lebih besar dari massa jenis udara, sehingga gas ini sering ditemukan pada tempat-tempat rendah seperti sumur. Gas ini juga biasanya terkandung pada gas-gas gunung berapi, industri tambang dan industri kayu.

Gas ini berasal dari bakteri yang memecah senyawa oraganik tanpa oksigen, misalnya gas yang berada dalam lumpur atau tanah becek dan pipa-pipa pembuangan kotoran atau bekas timbunan sampah.

Jika gas ini terhisap oleh manusia melalui paru-paru, maka gas akan terserap cepat oleh darah dan otomatis dibawa ke otak. Selanjutnya akan mencegah fungsi enzim cytochrome oxydase yang sangat penting untuk pernafasan sel otak.

Amonia (NH3)

Amonia (NH3) dapay ditemukan di dalam lubang sumur sebagai gas alam yang kemungkinan muncul karena terjadinya dekomposisi alami dari dalam tanah.

Cara Mengetahui Sumur Mengandung Gas Beracun

Cara mengetahui dan mengatasi gas beracun sebelum masuk ke dalam sumur antara lain:

Mengecek lubang sumur dengan nyala api

Saat Anda menggunakan lilin di dalam sumur, jika padam berarti sumur tersebut mengandung gas beracun.

Menggunakan Blower

Anda dapat menyemprotkan udara ke dalam sumur, sehingga udara di dalam lubang sumur akan tergantikan. Anda juga bisa menyemprotkan air ke dalam sumur secukupnya, melalui dinding sumur, sebab langkah ini dapat membantu menambahkan udara segar ke dalam lubang sumur dan otomatis menggantikan gas beracun yang ada di dalamnya.

Menggunakan binatang

Cara ini dilakukan dengan cara mengikat binatang tersebut dan selanjutnya pelan-pelan masukkan ke dalam sumur hingga ke dasar, tapi jangan sampai menyentuh air. Anda cukup diamkan beberapa menit. Jika binatang yang diikat mati, kemungkinan besar sumur tersebut mengandung racun.

Pekerjaan membuat sumur atau memperbaiki sumur merupakan salah satu pekerjaan yang mengandung risiko besar. Orang yang masuk ke dalam sumur harus dalam keadaan sehat dan memiliki kondisi fisik yang prima. Jika kepala pusing saat masuk ke dalam sumur, segeralah naik ke atas sebelum kondisi fisik menjadi lemas.

Demikianlah ulasan tentang cara mengetahui sumur mengandung gas beracun. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi