Tips Raih Beasiswa S3 Luar Negeri yang Bisa Dilakukan, Simak di Sini!

| 20 Nov 2023 19:00
Tips Raih Beasiswa S3 Luar Negeri yang Bisa Dilakukan, Simak di Sini!
Ilustrasi (Foto: Dok. LPDP)

ERA.id - Bagi Anda yang sudah berhasil meraih gelar S2 dan ingin mengantongi gelar Doktor, tentunya harus menempuh kuliah lagi untuk jenjang S3. Namun, seperti yang kita ketahui, biaya kuliah S3 cukup mahal. Oleh karena itu, disarankan agar mencari beasiswa S3 untuk menempuh pendidikan lanjutan. Terlebih bagi Anda yang tertarik kuliah di luar negeri. Agar bisa meraih cita-cita tersebut dengan lancar, calon mahasiswa S3 harus memahami tips raih beasiswa S3 luar negeri. Dilansir dari laman Kobi Education, di bawah ini adalah beberapa persiapan agar dapat meraih beasiswa S3 di luar negeri.

Tips raih beasiswa S3 luar negeri

Ilustrasi (Foto: Dok. LPDP)

Lakukan riset beasiswa

Langkah pertama dapat dilakukan dengan bertanya ke sesama dosen atau senior yang sudah menempuh S3. Tanyakan pengalaman mereka dan mintakan sarannya. Anda dapat menambahkan informasi tersebut dengan menjalani riset mandiri di internet.

Cari tahu hingga detail, mulai dari persyaratan pendaftaran, tenggat waktu aplikasi, sampai fokus utama yang diberikan dari setiap beasiswa. Namun, jangan hanya terlalu fokus pada jumlah yang akan Anda targetkan. Sebaiknya, fokus untuk daftar beasiswa yang benar-benar cocok dengan tujuan dan visi Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat daftar prioritas beasiswa yang akan dipilih.

Buat perencanaan waktu

Jika Anda sudah membuat daftarnya, selanjutnya buatlah perencanaan waktu. Persiapan daftar beasiswa tentunya memerlukan waktu yang tidak singkat, misalnya Anda harus membuat esai, mencapai skor IELTS yang disyaratkan, dan lain sebagainya. Agar lebih terarah dan persiapan menjadi lebih matang, Anda bisa membuat jadwal persiapan untuk setiap beasiswa yang akan dibuka.

Esai harus diperkuat

Biasanya, esai merupakan salah satu dokumen yang menjadi persyaratan dan diminta oleh penyedia beasiswa. Kenapa? Sebab esai inilah yang menjadi bahan penilaian penyelenggara beasiswa untuk menentukan kecocokan Anda dengan beasiswa. Oleh karena itu, pastikan esai Anda sudah menggambarkan dengan jelas mengapa Anda merasa layak mendapatkan beasiswa tersebut. Nah, agar membuatnya lebih meyakinkan dan pesan dapat dipahami dengan baik oleh mereka, Anda juga harus memastikan bahwa pernyataan Anda tertulis secara terstruktur, bebas dari kesalahan tata bahasa, serta fokus pada poin-poin yang paling relevan.

Ikuti kelas bimbingan

Adapun tips selanjutnya yaitu dengan mengikuti kelas bimbingan agar semua persiapan dapat terarah. Pada saat ini ada banyak lembaga atau perusahaan yang membuka kelas bimbingan persiapan study abroad. Hal ini bertujuan agar membantu Anda dan pencari beasiswa lainnya dalam meraih impian.

Persiapan mental dan fisik

Untuk mendapatkan gelar S3 luar negeri, tentunya bukanlah hanya tentang tantangan akademik, melainkan juga sebuah tantangan bagi mental dan fisik. Anda harus siap untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, bahasa baru, dan budaya baru.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mental dan fisik selama proses ini. Jika merasa kesulitan, sebaiknya jangan ragu untuk mencari bantuan. Hal yang harus Anda ingat, meraih gelar S3 luar negeri merupakan perjalanan panjang yang memerlukan ketekunan dan ketabahan.

Demikianlah ulasan tentang tips raih beasiswa S3 luar negeri yang bisa Anda terapkan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi