Catat, Tips Aman Transaksi COD, Pembeli Cerdas, Penjual Puas, Kurir Selamat

| 30 May 2021 12:04
Catat, Tips Aman Transaksi COD, Pembeli Cerdas, Penjual Puas, Kurir Selamat
Ilustrasi kurir espedisi (Dok. Ninja Xpress)

ERA.id - Kasus kurir jadi korban luapan amarah pembeli jual beli online kembali terulang saat transaksi Cash On Delivery (COD). Kasus terbaru menimpa seorang kurir yang mengantar paket kepada seorang pembeli di Ciputat, Tangerang Selatan. 

Kejadian bermula ketika pembeli memaksa uang yang sudah dibayarkan dengan sistem bayar di tempat (COD) untuk dikembalikan. Seorang pengantar barang dari perusahaan ekspedisi mendapatkan ancaman dari pembeli yang mengayun-ayunkan pedang katana.

Kasus ini tentu menjadi pelajaran bagi kurir, pembeli, dan penjual untuk bijak dan berhati-hati. Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress mengajak pembeli untuk lebih cermat dan cerdas dalam berbelanja online menggunakan fitur COD untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan seperti yang sempat viral beberapa waktu belakangan. 

Lebih lanjut ia memberi tips bertransaksi yang cerdas bagi penjual, pembeli, dan kurir lewat siaran pers yang diterima Era.id.

1. Pastikan Toko Online Memiliki Track Record Bagus

Biasanya toko online yang memiliki track record bagus, dapat dilihat melalui kolom komentar masing-masing produk  dan dapat dilihat melalui jumlah bintang sebagai penilaian konsumen lain. Selain itu, di beberapa marketplace ternama biasanya terdapat fitur chat dengan seller, konsumen dapat menulis pesan dengan meyakinkan seller agar mengirimkan barang sesuai dengan yang terdapat pada aplikasi agar sesuai dengan harapan.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan Berbelanja

Setiap e-commerce memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Konsumen harus mengetahui beberapa hal seperti, harga minimal dan maksimal pembelian, penyedia layanan logistik yang bekerjasama, dan area jangkauan jasa kirim. 

3. Manfaatkan Respon Cepat dan Resolusi Tepat Customer Care 

Dengan memanfaatkan layanan Customer Care yang telah dioptimalkan oleh Ninja Xpress bisa jadi pilihan jika menemukan kendala pada saat proses penerimaan barang dan atau pada saat melakukan pembayaran melalui COD. Customer Care akan melakukan kecepatan respon atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam. Tidak perlu khawatir, Customer Care akan membantu konsumen untuk memberikan ketepatan resolusi pemecahan masalah pengiriman.

Tags : COD