Cegah Kecanduan, 3 Tips Bijak Gunakan Media Sosial untuk Generasi Muda

| 29 Oct 2021 07:00
Cegah Kecanduan, 3 Tips Bijak Gunakan Media Sosial untuk Generasi Muda
Tips cegah kecanduan media sosial (Unsplash.com/shane)

ERA.id - Tak bisa dipungkiri kemajuan teknologi dan media sosial saat ini sudah mempengaruhi segala lini kehidupan, terutama bagi generasi muda. Generasi muda saat ini sudah begitu ketergantungan dalam memakai media sosial, dan tak jarang hingga kecanduan yang memberikan pengaruh buruk dalam hidup.

Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa tips untuk bisa bijak dalam menggunakan media sosial bagi generasi muda. Yuk, simak ulasannya.

1. Miliki kesadaran diri

Tips cegah kecanduan media sosial (Unsplash.com/robin)

Untuk mencegah kecanduan memakai media sosial adalah butuhnya kesadaran diri akan apa yang kita lakukan. Dengan kesadaran diri, seseorang bisa mengontrol dirinya dengan baik untuk menggunakan media sosial dan kapan waktunya untuk berhenti sejenak.

"Butuh kita terutama generaso muda miliki kesadaran diri, apa yang kita pikirkan, kita rasakan, kita lakukan itu disadari penuh. Kalau nggak bahaya banget. Kita tidak bisa membantu mengontrol apa yang kita lakukan kalau kita nggak sadar," ujar Psikolog dan CEO APDC Indonesia, Analisa Widyaningrum, saat diskusi TikTok Talk, pada Kamis (28/10/2021).

2. Buat nilai hidup

Tips lainnya untuk mencegah kecanduan media sosial adalah dengan membuat nilai hidup yang ingin dicapai. Dengan punya nilai hidup yang dipegang, seseorang bisa mengetahui tujuannya sehinga menggunakan media sosial dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhannya.

"Buatlah value atau nilai hidup yang bisa dipegang untuk bisa menikmati apapun platform, apapun aplikasi yang kita gunakan sehari-hari. Jadi pilah lagi niatnya, cari yang sesuai dengan value hidup kita," jelas Analisa.

3. Jangan takut ketinggalan

Perasaan takut ketinggalan bisa membuat seseorang depresi dan akhirnya menggunakan media sosial secara tidak sehat. Agar tidak kecanduan dan stres saat bermedia sosial, yakinkan diri bahwa ketinggalan dari orang lain bukanlah suatu masalah besar.

Dengan perasaan tersebut bisa membuat menggunakan media sosial secara lebih bermanfaat dan mengontrol diri dengan lebih baik lagi.

"Cari apa yang manfaatnya buat saya. Jadi kita yang ngontrol gitu. Menerima kenyataan gapapa kalau ketinggalan. Kadang-kadang yang bikin stres itu pada saat kita merasa teman-teman kita duluan. Itu yang kita harus sadar bahwa hidup ini bukan tentang cepat-cepatan, tapi gimana bertahan dalam situasi yang tidak nyaman," pungkas Analisa.

Rekomendasi