Tips Ampuh Mengajarkan Buah Hati Menabung Sejak Dini

| 11 Nov 2021 18:02
Tips Ampuh Mengajarkan Buah Hati Menabung Sejak Dini
Orangtua dan anak (Foto: Pexels/Kindel Media)

ERA.id - Mengajarkan anak supaya hidup hemat dan tak boros sejak usia dini, memang tidak mudah. Sebagai orang tua, tentu ingin anak tumbuh cerdas secara finansial dan bisa hidup hemat. Peran orang tua paling menentukan apakah anak bakal tumbuh bijak dalam mengelola uang atau tidak.

Kali ini, Head of Marketing Communication Division KidZania Jakarta, Prilly Savitri membeberkan trik untuk mengajarkan buah hati supaya rajin menabung sejak dini. Ia menyarankan orang tua agar mengajak anak untuk menabung di bank. Lalu, tunjukkan nominal hasil tabungan kepada buah hati.

"Paling gampang adalah pergi sama anak bareng ke bank, diajarkan, dilihat cara menabung di bank. Terus ditunjukkan, 'nih sekarang kamu punya tabungan segini, next lagi harus punya segini'," ungkapnya kepada Era.id dalam acara Re-Opening Bank BRI KidZania Jakarta di Pasific Place, Jakarta Selatan pada Rabu (10/11/2021).

Lebih lanjut, Prilly menyarankan anak membeli barang dari hasil tabungannya. Ia juga meminta orang tua untuk tak dibiarkan anak menghambur-hamburkan uang secara boros.

"Kalau anak mau beli sesuatu bisa dipakai dari tabungannya. Jangan diajarkan boros," ucapnya.

Buah hati bisa memulai menabung di Bri KidZania karena mengedepankan suasana perbankan lebih canggih dan mudah dipahami anak sejak dini. Sebelum pandemi, biasanya Bri KidZania selalu melakukan touring untuk mengajak anak sekolahan menabung.

"Saya rasa masih banyak kita ciptakan, apalagi pandemi berakhir. Dimana kita bisa berinteraksi lagi secara full. Sebelum pandemi ada touring sekolah dan itu semua terpaksa harus berhenti karena kondisi pandemi," paparnya.

"Tidak ada menutup kemungkinan seperti ada webinar, sifatnya kegiatan-kegiatan kecil. Pokoknya banyak kegiatan menarik dan kerjasama lainnya," lanjutnya.

Presiden PT. Aryan Indonesia (KidZania Jakarta), Kerry Riza mengatakan era new normal ini bisa memberikan edukasi tentang dunia perbankan kepada anak dengan memperkenalkan profesi Digital Banking Developer di KidZania. Selain menabung, anak bisa paham dengan profesi perbankan.

"Kehadiran BRI di KidZania dengan suasana berbeda di era new normal ini memberikan semangat baru serta keceriaan bagi anak-anak dalam mencoba profesi di KidZania Jakarta terutama dalam perbankan dan diharapkan menjadi modal bagi mereka dalam meraih cita-citanya" tambahnya.

Rekomendasi