Bangkit dari Pandemi, Ikuti 2 Langkah Praktis Agar Pelaku UMKM Bisa Sukses di Sektor Pariwisata

| 02 Aug 2022 21:55
Bangkit dari Pandemi, Ikuti 2 Langkah Praktis Agar Pelaku UMKM Bisa Sukses di Sektor Pariwisata
Ilustrasi perempuan (Foto: Freepik/jcomp)

ERA.id - Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Dampak ekonomi dan pariwisata akibat pandemi Covid-19 juga dirasakan para pelaku UMKM sektor pariwisata. Sektor yang paling terhantam adalah pariwisata dan ekonomi kreatif.

Untuk keluar dari kesulitan ini, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mendorong UMKM untuk bangkit dari keterpurukan. Pelaku UMKM harus memiliki cara-cara agar UMKM bisa bangkit dan bertahan di masa pandemi Covid-19.

Co-Founder Inspigo, Yoris Sebastian membeberkan dua langkah praktis agar pelaku UMKM di sektor pariwisata bisa sukses.

Acara virtual Tiket.com
Acara virtual Tiket.com

Pertama, setiap UMKM pastinya berharap memiliki karyawan yang berkualitas dan mempunyai keahlian sesuai dengan apa yang diekspektasikan. Dengan memiliki keahlian baik dan berkualitas, karyawan bisa mendorong kesuksesan perusahaan.

"Bagaimana membuat karyawan berhasil kayak desa wisata, bagaimana UMKM itu berhasil. Bagaimana sukses berhasil kalau costumernya berhasil. Jadi, kadang-kadang kita mikir bagaimana bisnis berhasil. Dari 20 tahun karir saya, ya orangnya bagus semuanya ikut berhasil. Kalau kita mikir konsumen berhasil, ya harusnya tentu kitanya berhasil," ujar Yoris dalam virtual Tiket.com saat meluncurkan Jagoan Pariwisata untuk Tingkatkan Kompetensi&Kapabilitas Para Pelaku Usaha di Desa Wisata pada Selasa (2/8/2022).

Kedua, para pelaku UMKM juga bisa mengikuti berbagai program latihan dari mentor. Dalam program Jagoan Pariwisata di Tiket.com, para mentor memberikan pelatihan, terdiri dari para profesional berbakat yang mengukir prestasi gemilang di bidang dan industri masing-masing.

"Sungguh sebuah kehormatan untuk dapat kerjasama dengan tiket.com dalam program Jagoan Pariwisata untuk membina keterampilan para pelaku dan penggiat bisnis wisata di empat desa wisata terpilih sebagai bagian dari program yang berkesinambungan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," paparnya.

"Visi Inspigo untuk mendorong dan menginspirasi para pelaku usaha di bidang pariwisata untuk #JadiLebihSiap sungguh sejalan dengan inisiatif cermat ini. Saya sudah tidak sabar untuk berbagi pengalaman, membina para mentor serta menyimak langsung berbagai solusi strategis dalam mengatasi tantangan," tutup dia.

Tags : umkm Tips UMKM
Rekomendasi