TransJakarta Buka Kelonggaran Aturan, Izinkan Buka Puasa di Bus tapi Hanya 10 Menit

| 23 Mar 2023 18:50
TransJakarta Buka Kelonggaran Aturan, Izinkan Buka Puasa di Bus tapi Hanya 10 Menit
TransJakarta buka puasa (Dok: Antara)

ERA.id - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melonggarkan aturan armadanya untuk makan dan minum di dalam bus. Pelonggaran aturan ini guna mengizinkan umat muslim untuk berbuka puasa selaam bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

"Kepada para pelanggan yang menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 Hijriah dan akan berbuka puasa di area TransJakarta, baik di halte maupun di dalam bus dengan senang hati kami persilakan," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta, Apriastini Bakti Bugiansri dikutip Antara.

Apriasti juga menambahkan meski diizinkan untuk makan dan minum di dalam bus, pihaknya meminta agar para penumpang juga turut mewujudkan rasa aman dan nyaman dengan selalu menjaga kebersihan.

"Bagi penumpang yang ingin berbuka puasa agar tetap menjaga kebersihan dan lingkungan serta menaati aturan-aturan yang sudah diberikan oleh kami," katanya.

Apriasti menjelaskan ada sejumlah aturan yang harus ditaati bagi penumpang seperti makan dan minum diperbolehkan hanya pada saat akan membatalkan puasa dengan mengonsumsi air minum, kurma, atau makanan ringan dan sejenisnya.

"Untuk mengkonsumsi makanan berat seperti nasi, lauk pauk, dan makanan siap saji lainnya tidak diperkenankan," jelasnya.

Apriasti juga menambahkan ada ketentuan waktu makan dan minum saat berbuka puasa di TransJakarta.

"Makan dan minum hanya diperbolehkan maksimal sepuluh menit sejak azan Magrib," tegasnya.

Lebih lanjut, penggunaan masker sejauh ini juga masih diberlakukan di TransJakarta seperti masker dilepas saat berbuka dan wajib dikenakan kembali setelah selesai dan tidak diperkenankan untuk berbicara langsung maupun melalui ponsel.

Rekomendasi