Cara Menuju ke Banda Neira dari Jakarta, Sudah Tahu?

| 31 Dec 2023 18:05
Cara Menuju ke Banda Neira dari Jakarta, Sudah Tahu?
Kota Banda Neira di Maluku Tengah. (kebudayaan.kemendikbud.go.id)

ERA.id - Salah satu ungkapan Sutan Sjahrir yang terkenal adalah, "Jangan mati sebelum ke Banda Neira." Banda Neira terletak di di Kabupaten Maluku, Provinsi Maluku. Banda Neira merupakan sebuah pulau di Kepulauan Banda, Maluku Tengah. Banda Neira adalah salah satu pulau di Indonesia yang dulunya merupakan pusat pala di dunia. Saat ini Banda Neira menjadi salah satu tujuan wisata yang diminati terutama oleh wisatawan lokal berusia muda. Banda Neira dapat dijangkau dari Jakarta, terdapat beberapa cara menuju ke Banda Neira dari Jakarta.

Banda Neira juga menjadi salah satu tempat beberapa tokoh nasionalis diasingkan, seperti Sutan Sjahrir dan Mohammad Hatta. Kedua tokoh tersebut diasingkan ke Banda Neira pada Februari 1936 dan mendekam di sana selama enam tahun hingga 1942. Selama di pengasingan, Sutan Sjahrir kerap menulis kata-kata yang menggambarkan keindahan Banda Neira.

Keindahan Banda Neira banyak diperbincangkan oleh warganet belakangan ini. Para wisatawan tertarik dengan keindahan alam dan sejarah yang disajikan di Banda Neira. Selain pemandangan indah, pulau kecil ini turut menyuguhkan lautan cantik untuk diselami. Selain pemandangan indah, pulau kecil ini turut menyuguhkan lautan cantik untuk diselami.

Banda Neira. (Pixabay)

Cara Menuju ke Banda Neira dari Jakarta

Beberapa cara menuju ke Banda Neira dari Jakarta adalah sebagai berikut:

1.      Pesawat dari Jakarta ke Ambon

Dari Jakarta, beli tiket penerbangan menuju Ambon terlebih dahulu sebelum ke Banda Neira. Terdapat beberapa pilihan maskapai penerbangan, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan Batik Air. Adapun harga tiket pesawat langsung dari Jakarta ke Ambon tanpa transit bervariasi, sekitar Rp 2 jutaan. Lama perjalanan kurang kurang lebih 3-4 jam dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta ke Bandara Pattimura Ambon. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Banda Neira dengan transportasi berikutnya.

2.      Pesawat atau Kapal dari Ambon ke Banda Neira

Banda Neira merupakan pulau yang menjadi pusat administratis, dilengkapi dengan pelabuhan dan bandara. Meskipun tidak terlalu besar, Banda Neira digunakan sebagai tempat berlabuhnya moda transportasi massal, seperti halnya kapal laut serta pesawat perintis. Pesawat dan kapan merupakan transportasi berikutnya setelah sampai di Ambon. Beberapa pilihan pesawat dan kapal ke Banda Neira antara lain:

  • Pesawat Perintis

Pesawat Perintis disebut sebagai moda transportasi dari Ambon ke Banda Neira yang tercepat. Pesawat Perintis ini berkapasitas 12 kursi per sekali jalan. Ketersediaan tiket dan bagasi terbatas. Satu orang hanya diperkenankan menggunakan bagasi maksimal 10 kilogram, selebihnya diberi ongkos tambahan. Harga tiketnya Rp 350 ribu per orang. Adapun waktu perjalanannya selama 45 menit. Jadwal penerbangannya cukup fleksibel sehingga sering terjadi perubahan waktu atau pun pembatalan karena cuaca atau faktor lainnya.

  • Kapal Feri Bahtera Nusantara 02

Dari Ambon ke Banda Neira diperlukan waktu selama 10 jam perjalanan dengan menggunakan Kapal Feri Bahtera Nusantara 02. Kapal ini dilengkapi kursi mirip pesawat terbang dengan TV. Harga untuk tiket dengan fasilitas tersebut yaitu Rp 145 ribu per orang, terdapat juga tiket dengan harga Rp 190 ribu dengan adalah tempat tidur susun. Tersedia pula kamar VIP atau kabin pribadi yang ketersediaannya terbatas. Di dalamnya terdapat empat kasur, kamar mandi, TV, dan AC. Tempat ini hanya boleh digunakan untuk maksimal empat orang. Harga tiket kelas ini mulai dari Rp 745 ribu. Kapal Feri Bahtera Nusantara 02 juga menyuguhkan cafe dengan sejumlah tempat duduk di bagian atas kapal dengan menu yang cukup beragam, mulai dari mie instan, minuman dingin dan panas, serta camilan. Harga di café ini mulai dari Rp 15 ribuan.

  • Kapal Pelni

Terdapat kapal besar Pelni untuk ke Banda Neira. Setidaknya ada tiga kapal yang melayani perjalanan rute Ambon-Banda Neira, yakni Nggapulu yang menempuh perjalanan selama 8 jam, Pangrango dengan perjalanan selama 14 jam dan Sabuk Nusantara 106 dengan perjalanan selama 15 jam. Laju kapal Pelni ini relative memiliki laju yang lambat, tetapi murah dan aman. Jadwal penyeberangan yang ditampilkan pun sudah pasti. Pemesanannya sendiri bisa dilakukan di aplikasi atau situs resmi Pelni. Untuk harga tiket kapal kelas ekonomi yaitu Rp 110 ribu per orang. Jika ingin menambah fasilitas seperti sewa bantal, seprai, dan makanan, harganya menjadi  Rp150 ribu perkasur.

Sampai di Banda Neira, jangan lupa untuk memilih penginapan yang paling nyaman sesuai karakter masing-masing. Saat ini di Banda Neira sudah banyak terdapat penginapan dengan berbagai tema dan fasilitas.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi