Liburan Melepas Rasa Penat, 6 Rekomendasi Tempat Wisata Seru Rayakan Tahun Baru Imlek

| 07 Feb 2024 08:58
Liburan Melepas Rasa Penat, 6 Rekomendasi Tempat Wisata Seru Rayakan Tahun Baru Imlek
Tahun Baru Imlek (Foto: Dok. Tiket.com)

ERA.id - Tahun Baru Imlek tidak hanya menjadi momen untuk merayakan tradisi dan budaya Tionghoa, tetapi juga menjadi kesempatan untuk melepaskan diri sejenak dari kesibukan sehari-hari. 

Short escape selama akhir pekan yang bertepatan dengan tanggal merah di minggu kedua bulan Februari ini menjadi cara yang tepat untuk merayakan Tahun Baru Imlek, serta melepas penat dan menyegarkan tubuh.

Tidak hanya di Indonesia, perayaan Imlek yang penuh kegembiraan juga diselenggarakan di seluruh penjuru dunia. Kamu dapat menikmati kesempatan untuk berlibur sejenak ke destinasi domestik seperti Jakarta, Surabaya, atau Singkawang, juga di destinasi internasional seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand. 

Berikut rekomendasi 6 akomodasi nyaman untuk memberikan pengalaman menginap yang berkesan selama perayaan Tahun Naga Kayu ini, dari keterangan resmi Tiket.com. 

1. Menyatu dengan kemewahan urban di Jakarta

Menyegarkan pikiran tidak perlu jauh-jauh karena pada momen istimewa ini, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, selalu merayakan Tahun Baru Imlek yang meriah. Kawasan seperti Pantjoran PIK bisa menjadi destinasi tepat bagi sobat tiket yang ingin berlibur sejenak sambil menikmati kuliner dan hiburan dengan kental suasana khas Imlek.

2. Perayaan meriah dan kuliner khas Tiongkok di kota Surabaya

Mengingat warga Tionghoa merupakan etnis terbanyak ketiga di Surabaya, perayaan Tahun Baru Imlek sangat dinanti masyarakat Kota Pahlawan ini. Tahun ini Surabaya menampilkan perayaan berbeda dari sebelumnya. Ornamen Liong Naga Raksasa sepanjang 20meter akan dibentangkan di Balai Kota untuk merayakan semangat Tahun Naga dan memeriahkan pergantian tahun pada perayaan lampion hingga Festival Cap Go Meh. 

3. Eksplorasi warisan budaya di Singkawang

Kota Singkawang, Kalimantan Barat merupakan daerah yang kental akan budaya tiongkok terutama saat perayaan Tahun Baru Imlek. Mulai dari tradisi pemberian angpao, pertunjukkan barongsai, hingga Festival Cap Go Meh hadir di Singkawang. Selain itu, Festival Cap Go Meh Singkawang juga masuk ke dalam 10 besar Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang dirilis oleh Kemenparekraf RI yang menghadirkan 6.000 lampion menghiasi ruas jalan Kota Singkawang serta spot-spot instagramable. Selain itu destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk melepas penat sambil merayakan Imlek di Kota Seribu Kelenteng ini, seperti Klenteng Bumi Raya dan Cagar Budaya Rumah Keluarga Tjhia. 

4. Menikmati malam penuh kemeriahan di Singapura

Perayaan Imlek di Singapura tidak kalah meriah dengan di Cina mengingat penduduk yang juga mayoritas adalah etnis Tionghoa. Saat tiba di Singapura waktu yang tepat adalah langsung mengunjungi Gardens by the Bay. Nikmati suasana Tahun Baru Imlek dengan bentangan lampion di antara taman futuristik dengan tematik maskot Xiaohe dan Naga ‘Wei Long’ dari Sungai Hongbao yang telah menjadi festival kalender event tahunan.

5. Jelajah budaya terjangkau di jantung kota Kuala Lumpur

Kuala Lumpur juga menyuguhkan pengalaman Tahun Baru Imlek yang tak kalah menarik. Selain menikmati perayaan di Pecinan Kuala Lumpur, sobat tiket dapat memilih bermalam di Pacific Express Hotel Chinatown. Kamu dapat menikmati koleksi biota laut, termasuk gerbang air yang menghadap ke Twin Towers. Setelah seharian berkeliling, sobat tiket dapat kembali dan bersantai di kamar yang nyaman, siap untuk menikmati malam penuh kemeriahan di Kuala Lumpur.

6. Suasana otentik Pecinan Bangkok

Pecinan Bangkok, atau Yaowarat, menjadi pusat kekayaan budaya Tionghoa di Thailand. W22 by Burasari yang berlokasi di kawasan ini menawarkan suasana tradisional dengan sentuhan asli Tiongkok. Terletak di kawasan Yaowarat yang strategis, hotel ini memungkinkan sobat tiket untuk menjelajahi warisan budaya dan mengeksplorasi kuliner khas Tionghoa di pusat kota Bangkok.Pertunjukan hiburan langsung di atas kapal pesiar juga memberikan pengalaman Tahun Baru Imlek yang tak terlupakan di tengah meriahnya Pecinan Bangkok.

Rekomendasi