Hagia Sophia Siap Kumandangkan Adzan Shalat Jumat Pertama Besok

| 23 Jul 2020 16:05
Hagia Sophia Siap Kumandangkan Adzan Shalat Jumat Pertama Besok
Hagia Sophia (Instagram/@themuslimlawyer)

ERA.id - Setelah kurang lebih 86 tahun Hagia Sophia difungsikan sebagai museum, besok, Jumat (24/7/2020) akan ada sejarah baru bagi bangunan tersebut beserta warga Istanbul, Turki. Sebab, akan ada kumandang adzan dan shalat Jumat pertama.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa doa pertama, atau shalat pertama akan resmi dibuka di Hagia Sophia pada 24 Juli 2020 untuk shalat Jumat setelah kurang lebih 86 tahun.

"Insya Allah, kita akan melakukan shalat Jumat bersama-sama pada 24 Juli dan membuka kembali Hagia Sophia untuk beribadah," kata Erdogan dalam pidatonya yang dikutip dari Hurriyetdailynews.

Layaknya masjid pada umumnya, pintu Hagia Sophia akan terbuka lebar untuk penduduk lokal dan asing, baik itu Muslim dan non-Muslim.

Seperti diketahui Pengadilan administrasi tertinggi Turki mengeluarkan putusan yang membuka jalan bagi pemerintah untuk mengkonversi ikon Istanbul Hagia Sophia - bekas katedral pernah menjadi masjid, akhirnya lama berfungsi sebagai museum, hingga akhirnya berubah kembali fungsinya menjadi masjid.

Setelah putusan pengadilan, orang-orang yang menunggu di luar meneriakkan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar!) Ketika berita itu tersebar.

Awalnya UNESCO keberatan mengubah status struktur berusia 15 abad yang dihormati oleh umat Kristen dan Muslim hingga  Erdogan menandatangani dekrit yang mencabut statusnya sebagai museum.

Berdasarkan catat sejarah, Hagia Sophia dibangun atas perintah kaisar Bizantium Justinian I sebagai katedral Kristen besar dari Kekaisaran Romawi Timur (Bizantium) pada tahun 537.

Ketika Istanbul (sebelumnya dikenal sebagai Konstantinopel) ditaklukkan oleh Ottoman Sultan Mehmet II pada tahun 1453, ia dikonversi menjadi masjid.

Pada masa pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern pada 1934, monumen berusia hampir 1.500 tahun itu dibuka kembali sebagai museum dalam upaya untuk membuat Turki lebih sekuler.

Tags : hagia sophia
Rekomendasi