Tak Kalah dari Kota Semarang, Ngesti Nugraha Perkenalkan Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Semarang

| 24 Apr 2022 06:00
Tak Kalah dari Kota Semarang, Ngesti Nugraha Perkenalkan Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Semarang
Desa Wisata Lerep di Kabupaten Semarang (Instagram/charlsants)

ERA.id - Meski popularitasnya masih kalah dari tetangganya, kota Semarang, Bupati Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha yakin untuk urusan destinasi pariwisata Kabupaten Semarang justru tidak kalah menarik dari Kota Semarang.

Ditemui Era.id di Pendopo Bupati beberapa waktu lalu, Ngesti Nugraha menyapaikan, ada beberapa destinasi di wilayahnya yang tak ada bisa ditemukan di Kota Semarang.

"Semarang ini memiliki keunggulan destinasi pariwisata alamnya dan telah menjadi bagian dari sejarah negeri ini, khususnya Kabupaten Semarang," ujarnya di harapan rombongan dari Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf).

Menariknya lagi, para traveler pun tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan panorama tersebut, baik saat masuk kawasan destinasi, parkir, hingga kudapan khas daerah tersebut.

"Posisi Kabupaten Semarang sangat strategis karena berada di tengah destinasi unggulan Joglosemar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang). Aksesnya pun mudah dengan transportasi udara dan kereta api dari Semarang serta terhubung dengan jalan tol Jakarta-Bawen. Ini menunjukkan sebuah peluang yang baik dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Semarang," sambungnya.

Beberapa destinasi wisata di Kabupaten Semarang boleh dibilang cukup ikonik dan menarik.

1. Candi Gedong Songo

Destinasi Candi Gedong Songo terletak di sebelah selatan lereng Gunung Ungaran. Candi Gedong Songo memiliki 9 Candi. Dan situs Candi tersebut tersebar di seluruh area lereng Gunung Ungaran.  Candi Gedong Songo merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno yang dibangun pada abad ke-8.

Destinasi Candi Gedong Songo (Instagram/itsdrvera)

Sir. Thomas Stanford Rafles orang pertama yang menemukan keberadaan Candi ini di tahun 1904. Candi ini berccorak Hindu dan difungsikan sebagai tempat pemujaan dewa-dewa.

2. Desa Wisata Lerep

Wisatawan dapat menikmati embung dan atraksi budaya dalam suasana alam Gunung Ungaran yang sejuk. Desa wisata Lerep juga memiliki beberapa wisata alam yang bisa dikunjungi seperti air terjun Curug Indrokilo, Sunrise Puncak Ngipik, Embung Sebligo, bentangan sawah yang indah serta sungai Pangus yang jernih yang pastinya memanjakan mata para wisatawan.

3. Umbul Sidomukti

Kawasan wisata umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.

Umbul Sidomukti (Instagram/Umbul Sidomukti)

Umbul Sidomukti adalah kompleks area wisata yang memiliki luas sekitar 32 hektar serta berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Pesona utama destinasi wisata ini terletak pada kolam renang dari mata air alami yang airnya dingin dan segar.

Rekomendasi