Kharisma Sanggul Megawati

| 23 Jan 2018 11:35
Kharisma Sanggul Megawati
Jakarta, era.id - Kehidupan pribadi Megawati tidak pernah lepas dari penampilan cantik sanggulnya. Ternyata sanggul yang melekat indah di rambut perempuan berdarah Jogja ini sudah menjadi icon seorang Megawati dari masa ke masa.

Sejak kecil, Megawati selalu berpenampilan ayu dengan potongan rambut pendek yang terjaga rapi dengan cara disasak dan disisir ke belakang.

Sanggul bagi orang Jawa merupakan suatu keharusan dan dipercaya mempunyai kekuatan mistis. Disisi lain, sanggul dianggap sesuatu yang sakral. Mantan Presiden RI alm Soeharto ditenggarai jatuh dari kekuasaannya akibat sanggul almarhumah ibu Tien Soeharto yang menghilang.

Kehebatan Soeharto sebelumnya dalam menjaga stabilitas negara juga ditenggarai bersumber dari sanggul ibu Tien Soeharto, hingga kekuasaannya bisa langgeng sampai beberapa dekade.

Dikalangan pejabat orde lama dan orde baru, ketika istri-istri pejabat menghadiri acara pertemuan resmi kenegaraan selalu berbusana menggunakan sanggul. 

Sanggul memiliki filosofi yang luar biasa. Sanggul diletakkan di belakang kepala dan mempunyai makna tentang sebuah persoalan, masalah, ataupun hal buruk dalam sebuah rumah tangga hendaknya disimpan dibelakang oleh seorang istri, dijaga, dilindungi agar tak seorangpun yang di luar mengetahui aib yang ada dalam rumah tangganya. 

Sanggul sederhana dan rambut yang disisir rapi ke belakang ini ternyata sudah menjadi andalan Megawati, mengikuti jejak Ibundanya, yaitu Fatmawati Soekarno.