Takut Nikah Karena Mahal?

Tim Editor
Jakarta, era.id – Setiap orang punya pesta pernikahan impian. Mulai dari tema, pakaian, lokasi, sampai dengan hidangan dan dekorasi. Belakangan ini, mewujudkan pesta pernikahan impian dengan pasangan dianggap sebagai relationship goals, utamanya di kalangan milenial. Namun, di sisi lain, pesta pernikahan justru jadi momok yang menakutkan bagi kaum muda. Alasannya, karena biaya pesta pernikahan itu tidak sedikit, alias mahal.

Bayangkan saja, paket pesta pernikahan yang ditawarkan oleh wedding organizer biayanya bisa mencapai ratusan juta, atau bahkan miliaran rupiah. Belum lagi biaya tambahannya, mulai dari biaya fotografer, videografer, cetak undangan, dan masih banyak yang lain. Biaya tambahan saja bisa sampai belasan, atau bahkan puluhan juta.

Dibarengi dengan rata-rata gaji milenial yang tak sampai 5 juta per bulan, nampaknya kaum muda harus rajin-rajin menabung kalau ingin mewujudkan pernikahan impian. Apalagi, yang punya cita-cita nikah muda, harus makin menekan pengeluarannya dan disimpan untuk biaya menikah saja.

Bagikan: