Obat Panjang Umur dari Jepang

Tim Editor
Jakarta, era.id - Seorang pria asal Jepang, Masazo Nonaka dinobatkan sebagai pria tertua di dunia. Penobatan Masazo yang kini berusia 112 tahun diberikan setelah Fransisco Nunez Olivera, pria asal Spanyol meninggal dunia di usia 113 tahun pada Februari 2018.

Masazo lahir pada 25 Juli 1905, hanya beberapa bulan sebelum salah satu ilmuwan terbesar di abad 20, Albert Einstein mempublikasikan teori relativitas, teori termashyurnya.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa kami memiliki pemegang rekor baru untuk pria tertua yang masih hidup," ungkap Craig Glenday, Pemimpin Redaksi Guinness World Records sebagaimana dilansir dari website resmi guinnessworldrecords.com, Jumat (13/4/2018).

Yuko Nonaka, cucu Masazo dalam sebuah kesempatan mengungkap resep panjang umur Masazo. Menurut Yuko, kebiasaan Masazo mengonsumsi makanan manis dan mandi air hangat adalah kunci umur panjang kakeknya.

Selain itu, meski belum terbukti secara empiris, Yuko menyebut salah satu kebiasaan lain yang rutin dilakukan Masazo sepanjang hidupnya adalah membaca koran. Lantas, mungkin kah pengetahuan mampu memperpanjang usia manusia? Hal ini tentunya harus diteliti lebih jauh.

Sebelum menikmati masa tua dengan menggelola pemandian air panas bersama anggota keluarganya yang lain, di kota asalnya, Ashoro, Hokkaido, 900 kilometer arah utara Tokyo, Masazo pernah jadi petani dan penebang pohon di usia mudanya.

Baca juga: Resep Panjang Umur Manusia Tertua di Dunia

Bagikan: