Ada Apa dengan UNBK Pelajaran MTK?

| 16 Apr 2018 17:20
Ada Apa dengan UNBK Pelajaran MTK?
Jakarta, era.id - Pekan lalu, jagat medsos gaduh tentang Ujian Nasional atau UN tingkat SMA yang digelar pada 9-12 April 2018. Pangkal penyebabnya tentang soal UN untuk pelajaran matematika yang dianggap kelewat sulit.

Berbagai protes mereka sampaikan dikolom komentar akun Instagram @kemdikbud.RI. Namanya juga generasi milenial, protesnya memang lucu dan super kreatif sih. Mereka mengungkapkan keluhannya dengan bahasa yang hiperbola.

“Pak tadi saya ke sekolah niatnya mau ngerjain soal MTK, kok malah soal MTK yang ngerjain saya” - komentar salah satu warganet,

Tidak hanya diam saja, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan mencari pangkal masalah UN soal Matematika yang dinilai sulit oleh siswa. "Kami akan segera evaluasi untuk menemukan pangkal masalah UN khususnya soal Matematika," kata Muhadjir seperti dilansir Antara, pada Minggu kemarin. (15/4/2018).

Kata Muhadjir, soal Matematika untuk UN Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat memang berbeda karena lebih pada Matematika terapan. Mulai tahun ini, pihaknya menggunakan soal yang membutuhkan daya nalar tinggi atau 'high order thinking skills' (HOTS). Tahun ini juga, untuk pertama kalinya sekitar 10 persen dari soal Matematika adalah isian singkat

Baca juga: Jawaban Mendikbud Soal UN Matematika yang Sulit

Tags :