Obat Ampuh untuk Krisis Moneter

| 23 May 2018 16:53
Obat Ampuh untuk Krisis Moneter
Jakarta, era.id - Faktor utama runtuhnya kekuasaan Orde Baru adalah persoalan ekonomi. Dolar yang mengamuk, harga bahan pokok yang melambung, membengkaknya utang luar negeri.

Harian Republik edisi 24 Mei 1998 menulis kalau reformasi di banyak bidang akan menjadi fokus kabinet ini. Ginandjar Kartasasmita yang kembali dipercaya sebagai Menko Ekuin, akan menggelar bersih-bersih sejumlah hak istimewa yang selama ini diberikan kepada pengusaha tertentu. Inilah salah satu langkah yang bakal diambil tim Ekonomi Kabinet Reformasi untuk memulihkan kondisi perekonomian dan mempelopori reformasi ekonomi. 

Ginandjar dipercaya Presiden BJ Habibie untuk memimpin tim reformasi ekonomi. Tim itu terdiri dari Menteri Keuangan Bambang Subianto, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Boediono, Menteri Pendayagunaan BUMN Tanri Abeng, Menperindag Rahardi Ramelan, dan Gubernur Bank Indonesia Syahril Sabirin.

Setelah berbulan-bulan terkesan mendiamkan, International Monetary Fund (IMF) kembali menunjukkan keseriusannya menyuntik dana untuk mengobati krisis ekonomi di Indonesia. IMF akan tetap mendukung program reformasi ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Toleransi Beragama di Jakarta Utara

Tags :