Garuda Wisnu Kencana Akhirnya Rampung

| 26 May 2018 17:00
Garuda Wisnu Kencana Akhirnya Rampung
Jakarta, era.id - Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana hampir rampung. Rencananya, pada Agustus 2018 mendatang, bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-73, patung karya seniman Bali, I Nyoman Suarta itu bakal diresmikan.

Garuda Wisnu Kencana akan jadi catatan penting. Dengan tinggi 126 meter, Garuda Wisnu Kencana akan menjadi patung tertinggi kedua di dunia, di bawah Spring Temple Buddha di China yang memiliki tinggi 153 meter.

Garuda Wisnu Kencana memiliki arti tunggangan Garuda yang digunakan oleh Dewa Wisnu. Garuda merupakan makhluk mitologi Indonesia yang juga dikenal sebagai lambang negara Indonesia. Sedangkan Dewa Wisnu, menurut sejarah budaya dan kepercayaan agama Hindu berarti sumber kehidupan, dewa agung yang bersifat memelihara.

Keagungan Garuda Wisnu Kencana menjulang di atas Laykyun Setkyar di Myanmar yang memiliki tinggi 116 meter dan patung Liberti di Amerika Serikat yang cuma 93 meter. Bahkan, dengan bobot 3.000 ton dan lebar 64 meter, volume Garuda Wisnu Kencana terhitung empat kali lebih besar dari patung Liberty.

Baca juga: Sistem Lift di Menara Eiffel

Tags :