Anti Begah Saat Puasa

| 27 May 2018 17:50
Anti Begah Saat Puasa
Jakarta, era.id - Tak terasa sudah menginjak hari ke-11 di bulan Ramadan. Masih ada sekitar 19 hari lagi yang harus kita persiapkan agar Ramadan tahun ini berjalan lancar. Biasanya di hari-hari pertama puasa, kita sering berlebihan saat menyantap hidangan berbuka puasa, akibatnya, perut pun terasa kenyang berlebihan atau begah.

Jangan remehkan itu fellas! Bisa-bisa nanti ibadah kamu di bulan suci ini malah terganggu. Beberapa tips ini wajib kamu ikuti, biar anti-begah saat berbuka puasa. 

1. Minum Air Hangat

Setelah 13 jam menahan haus dan lapar, asupan air dalam tubuh pun otomatis berkurang. Kalian harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum cukup air saat berbuka. Cairan tubuh yang cukup berpengaruh memperlancar proses metabolisme dalam tubuh, sehingga makanan yang masuk mudah diproses oleh tubuh.

Tapi, lupain dulu takjil es buah yang udah kalian beli, dahulukan air hangat atau teh manis hangat saat berbuka. Saat perut kosong, tiba-tiba kalian isi dengan minuman dingin, perut akan kaget dan asam lambung meningkat. Hal itu menyebabkan perut kalian mudah kembung.

2. Hindari Makan Berat

Nah, ini nih yang sering terjadi saat berbuka puasa, keburu nafsu menyantap semua makanan berat yang tersedia di meja makan. Seharusnya kalian jangan langsung santap makanan utama yang berporsi besar, karena perut kalian akan kaget menerima asupan makanan dalam jumlah besar. Baiknya, dimulai dari makanan ringan seperti aneka kue atau kurma.

3. Makan dengan Posisi Benar

Ternyata posisi kita makan mempengaruhi psikologis tubuh saat menyantap dan memproses makanan yang masuk. Posisi duduk membantu kita untuk lebih fokus saat menikmati makanan. Selain itu, makan dengan perlahan juga membantu kalian agar tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Intinya, makan dengan porsi yang cukup dapat terhindar dari rasa begah atau kekenyangan saat berbuka.

4. Tahan Makan Sampai Tarawih

Mungkin cara ini cukup ampuh untuk menghindari perut kekenyangan saat berbuka puasa, yakni dengan menunda hidangan utama saat berbuka puasa. Perut kamu akan segera menyesuaikan dengan keadaan saat berbuka puasa, sehingga perut kalian gak akan kaget dengan makanan yang masuk ke tubuh kalian. Apalagi saat berbuka kalian hanya mengganjal dengan makanan ringan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kalian

So, jangan keburu nafsu menyantap seluruh hidangan berbuka yah fellas, karena berpuasa dengan baik dan benar membuat tubuh kalian langsung merasakan manfaat dari puasa. Selamat mencoba!

Tags :