Sulit Ungkap Kasus Kematian Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo, Lemkapi Sarankan Polri Gunakan Ini: Biar Kelihatan Siapa yang Bohong

| 02 Aug 2022 15:03
Sulit Ungkap Kasus Kematian Brigadir J di Rumah Ferdy Sambo, Lemkapi Sarankan Polri Gunakan Ini: Biar Kelihatan Siapa yang Bohong
Irjen Pol Ferdy Sambo. (Foto: Antara)

ERA.id - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan menyarankan agar khusus Polri perlu menyiapkan "lie detector" (pendeteksi kebohongan) saat memeriksa keluarga, pengawal dan asisten Ferdy Sambo.

Hal itu karena melihat sulitnya mengungkap kasus penembakan di rumah dinas Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

"Kami yakin dengan menggunakan 'lie detector' akan kelihatan siapa yang benar dan siapa yang bohong," katanya dikutip Antara, Selasa (2/8/2022).

Selain "lie detector", tim khusus polri juga bisa menyita semua HP dan menganalisa catatan (print out) komunikasi seluruh orang yang ada dalam rumah Ferdy Sambo.

Cara seperti ini, menurutnya, sangat lazim dilakukan petugas profesi dan pengamanan (Propam) di lapangan ketika sedang memeriksa para oknum polisi yang sedang bermasalah dalam tugasnya.

Menurut akademisi dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini, pada waktunya nanti, Polri akan mengumumkan tersangka ketika semua bukti bukti sudah dimiliki penyidik kepolisian secara lengkap.

Edi Hasibuan juga meminta semua pihak tidak berspekulasi dan memberikan pernyataan tentang luka yang ada dalam tubuh jenazah Brigadir J

"Jangan berbicara hasil autopsi jika bukan bidangnya karena mengganggu penyidikan," katanya.

Pengungkapan kasus kematian Brigadir yang menimbulkan polemik dan kecurigaan publik membuat Polri membentuk tim khusus yang di dalamnya ada empat jenderal berbintang tiga.

Namun hingga kini, perkara itu belum ada tersangka meski sudah ada autopsi ulang jenazah Brigadir J.

Rekomendasi