Jika Head To Head Terjadi di Pilpres 2024, Bamsoet: Asal Jangan Pecah, Dong!

| 02 Aug 2022 19:55
Jika Head To Head Terjadi di Pilpres 2024, Bamsoet: Asal Jangan Pecah, Dong!
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet).

ERA.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai, tak masalah jika Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 hanya menghadirkan dua poros saja, yang berarti hanya ada dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan berlaga.

Lagipula, kata Bamsoet, saat ini suasana politik masih sangat cair. Setiap partai politik masih saling menjajaki satu sama lain. "Semua sangat tergantung pada situasi kondisi, kan demokrasi kan menyiapkan ruang sebesar-besarnya, mau dua poros, mau tiga poros, empat, selama itu memungkinkan ya silakan saja," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Hanya saja, Bamsoet mengingatkan pentingnya kedewasaan semua pihak, jika nanti hanya ada dua poros dalam Pilpres 2024. Hal ini untuk menghindari perpecahan seperti yang terjadi pada periode sebelumnya.

"Makanya sama-sama jangan pecah dong. Kita utamalan kedewasaan dalam berpolitik dan berdemokrasi, kalau kita semua sadar bagaimana kita dewasa dalam berpolitik dan berdemokrasi, mau dua poros dan tiga poros, enggak ada persoalan," kata Bamsoet.

Bamsoet mengingatkan, pertarungan pasangan calon presiden sudah ada tempatnya. Setelah selesai, semua pihak harus kembali bersatu.

"Pertandingan itu kan di ring. Kalau sudah selesai, kan ya selesai, semua kembali pada jati diri bangsa yang bersatu dan berdaulat dan bekerja sama untuk membangun bangsa," kata Bamsoet.

Rekomendasi