LSI Denny JA: Eramas Kalahkan Djoss di Sumut

| 27 Jun 2018 20:39
  LSI Denny JA: Eramas Kalahkan Djoss di Sumut
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Hasil quick count atau hitung cepat yang diselenggarakan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) menang dalam Pilkada Sumut mengalahkan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss).

Dari hasil hitung cepat ini, Eramas yang diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PAN, Partai Hanura, Partai Nasdem, dan Partai Perindo memperoleh suara mencapai 57,12 persen. Sedangkan, Djoss yang didukung oleh PDI Perjuangan, PPP, dan PKPI mendapatkan suara 44,94 persen. 

LSI Denny JA mengambil sampel dari 350 tempat pengambilan suara (TPS) yang tersebar secara acak di seluruh Provinsi Sumatera Utara.

Untuk hitung cepat yang dilakukan oleh LSI Denny JA untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara ini, margin of error 1,00 persen dengan Voter Turnout (VTO) 65,45 persen dan jumlah persentase data yang masuk mencapai 99,71 persen.

Sebelumnya, pasangan Djoss dinilai unggul dari lawannya Eramas dalam survei Indo Barometer. Hasil ini dipengaruhi dari debat terakhir calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, pada 20 Juni 2018.

Hasil survei itu menyebut elektabilitas paslon Djoss unggul diangka 37,8 persen. Sedangkan, Eddy-Ijeck diangka 36,9 persen. Namun, ada sekitar 25,4 persen masyarakat Sumut belum menentukan pilihan.

Rekomendasi