Kuasa Hukum Sebut Petugas Brimob Sita 6 Barang Ferdy Sambo dari Rumah Mertuanya, Apa Saja?

| 10 Aug 2022 07:05
Penyidik tengah memeriksa CCTV di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Komplek Polri Duren Tiga No. 46 RT 04/01, Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin (18/7/2022). (Antara)

ERA.id - Pasukan Brimob bersenjata lengkap menyambangi rumah Irjen Ferdy Sambo di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel). Pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawati, Irwan Irawan menyebut, sebanyak enam barang disita brimob dari penggeledahan ini.

"Jadi ada proses penggeledahan dan dilanjutkan proses penyitaan oleh penyidik. Ya ini prosedur standarlah dari proses pengungkapan kasus. Jadi hanya sebatas itu yang dilakukan. Ada 6 item yang sempat disita," kata Irwan kepada wartawan, di Jalan Bangka XI A, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Irwan mengungkapkan enam barang itu di antaranya adalah sepatu dan pakaian. Sepatu dan pakaian yang disita ini diungkapkannya adalah milik Ferdy Sambo.

"(Ada) sepatu, baju dan ada beberapa hal lagi yang disita. (Ada) 6 item lah. Mungkin (barang yang disita itu milik) yang diduga terkait dengan perkara ini," ucapnya.

"Nggak tahu juga apa (penyitaan barang ini) kaitannya dengan perkara ini. (Barang yang disita) milik Pak ferdy. Milik Pak Ferdy semua," jelasnya.

Irwan mengatakan keenam barang itu diambil dari petugas dari rumah mertua Ferdy Sambo.

"Ya namanya juga mertua kan pasti (pernah berkunjung). Ada beberapa dia pasti berkunjung ke sini dan memang yang diduga terkait peristiwa yang ada tentu penyidik melakukan pengembangan lah," imbuh Irwan.

Ferdy Sambo pun diterapkan menjadi tersangka dari kasus ini. Mengenai hal tersebut, Irwan mengatakan Ferdy Sambo akan menjalankan proses hukum yang berlaku.

Sebelumnya, pasukan brimob bersenjata lengkap datang ke rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo. Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan kedatangan pasukan brimob ke rumah Ferdy Sambo dilakukan untuk melakukan pendalaman terkait kasus kematian Brigadir J.

"(Penggeledahan) untuk mencari barang bukti, yang terkait menyangkut masalah penembakan yang terjadi di TKP duren tiga. Hasilnya apa? karena masih berproses dugaan nanti akan disampaikan kepada teman-teman semuanya," kata Dedi di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Dedi menambahkan penggeledahan itu dilakukan di tiga tempat. Selain di rumah pribadi Ferdy Sambo, penggeledahan juga dilakukan di rumah dinas Ferdy sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Itu teknis. Pada saat ini dari penyidik timsus melakukan penggeledahan di 3 lokasi. Di duren tiga nomor 58, kemudian di Saguling, dan satu lagi di Jalan Bangka. Tiga pemeriksaan tersebut dilakukan penggeledahan sudah dapat izin dari ketua pengadilan negeri Jakarta Selatan," beber Dedi.

Diketahui, pengembangan kasus tewasnya Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo masih terus dilakukan Polri. Brimob bersenjata lengkap pun mendatangi rumah Ferdy Sambo di Jakarta Selatan.

Akses menuju rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jaksel dipasang garis polisi, Selasa (9/8/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Sejumlah personel Korps brimob dan divisi Propam Polri pun datang ke rumah pribadi Ferdy Sambo.

Pasukan brimob ini datang memakai kendaraan taktis. Terlihat, anggota brimob berseragam loreng ini datang dengan membawa persenjataan lengkap. Sebagian anggota pun bersiaga di sekitar lokasi.

Belum diketahui apa maksud kedatangan para personel tersebut ke kediaman Sambo.

Rekomendasi