Mahfud MD Figur Paling Cocok Jadi Cawapres Jokowi

| 10 Jul 2018 16:27
Mahfud MD Figur Paling Cocok Jadi Cawapres Jokowi
Mantan Ketua MK Mahfud MD (twitter: @mohmahfudmd)
Jakarta, era.id – Nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dinilai paling cocok jadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo pada Pemilu 2019. 

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin mengatakan, Mahfud adalah figur komplet yang bisa diterima semua partai politik pendukung Jokowi. 

"Mahfud MD sangat cocok mendampingi Jokowi di tengah parpol saling berebut posisi cawapres, Mahfud adalah figur yang bisa diterima semua pihak," ujarnya, kepada wartawan, Selasa (10/7/2018).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menyampaikan, Mahfud merupakan figur komplet karena berpengalaman di ranah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. 

Sebagai Guru Besar Hukum, kata Ujang, Mahfud juga selalu menjadi rujukan berbagai masalah, khususnya terkait masalah hukum dan kebangsaan.

"Mahfud ini komplet karena berpengalaman di eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Dia juga berlatar belakang santri NU dan KAHMI, organisasi mahasiswa besar di Indonesia. Mahfud bisa diterima kelompok NU dan Muhammadiyah," kata Ujang.

Menurut Ujang, langkah yang harus diambil Jokowi kini adalah memilih figur bersih dan bisa meningkatkan elektabilitasnya pada Pemilu 2019. Peningkatan elektabilitas dia anggap lebih penting dibanding mengedepankan keterwakilan politik.

Ujang menilai, Jokowi dan partai pendukungnya bisa saja memilih figur dari luar Jawa sebagai cawapres. Namun, hal itu belum tentu efektif jika tidak bisa menambah elektabilitas Jokowi.

Mengenai keterwakilan politik, Ujang mengatakan hal itu bisa dilakukan Jokowi saat membentuk kabinetnya nanti. Figur-figur dari luar Jawa yang kompeten dan berintegritas harus dipertimbangkan masuk dalam kabinet Jokowi.

"Jadi sangat rasional kalau Pak Jokowi meminang Mahfud MD karena dia intelektual dan bersih. Mahfud adalah figur yang tidak tersandera masalah hukum," ucap Ujang.

"Kalau soal keterwakilan politik , bisa dibangun dalam kabinet nanti. Percuma memilih figur dari luar Jawa kalau hanya demi keterwakilan politik tapi enggak bisa nambah elektabilitas," kata dia.

Tags : mahfud md
Rekomendasi