PDIP Yakin Azwar Anas Mampu Jalani Tugas sebagai MenPAN-RB: Dia Punya Catatan Baik

| 07 Sep 2022 15:33
PDIP Yakin Azwar Anas Mampu Jalani Tugas sebagai MenPAN-RB: Dia Punya Catatan Baik
Azwar Anas. (ANTARA/HO-LKPP/am).

ERA.id - Ketua Bappilu DPP PDI Perjuangan, Bambang Wuryanto meyakini Adullah Azwar Anas mampu menjalani tugas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Menurut Bambang, Azwar Anas memiliki rekam jejak yang cukup baik saat masih menjadi bupati Banyuwangi maupun anggota legislatif.

"Sebagai bupati kan dia punya catatan yang baik. Sebagai anggota DPR juga punya catatan yang baik track record-nya," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Dengan rekam jejak itu, Bambang optimis Azwar Anas mampu menyesuaikan diri sebagai menteri dan melanjutkan program-program di KemenPAN-RB setelah ditinggal Tjahjo Kumolo.

"Ya pasti mampu. Ini kan soal track record, pasti mampu. Apa ya. Kalau soal kemampuan itu ganpang diliat dari track record-nya. Itu adalah kemampuan menyesuaikan diri dan kecerdasan," kata Bambang.

Meski begitu, Azwar Anas dinilai masih memiliki satu catatan. Bambang lantas menyinggung soal mundurnya Azwar Anas dari kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur pada 2018 lalu.

Untuk diketahui, Azwar Anas mundur dari gelanggang setelah diserang kampanye hitam dengan menggunakan foto-foto dewasa. Namun, Bambang meyakini, hal itu tidak akan mempengaruhi kenerja saat ini.

"Mungkin kalau hanya catatan yang kurang baik di dikau kan hanya karena pencalonan gubernur itu toh? Tapi itu kan bagian yang mungkin sudah dianggap diabaikan," kata Bambang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), menggantikan Tjahjo Kumolo.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Acara dimulai dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Pelantikan Azwar Anas itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Rekomendasi