Momen Ganjar dan Azwar Anas Jadi Saksi Nikah di Sragen

| 21 Feb 2023 15:20
Momen Ganjar dan Azwar Anas Jadi Saksi Nikah di Sragen
Ganjar Pranowo dan Azwar Anas jadi saksi nikah di Sragen. (Dok. Pemprov jateng)

ERA.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan 7 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jawa Tengah, serentak di Sragen, Senin (20/2/2023). Keduanya bahkan jadi saksi nikah yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Jateng menjadi provinsi yang memiliki MPP terbanyak. Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan akan mendorong pelayanan publik di Jawa Tengah naik ke level digital.

Apalagi saat ini, hampir semua kabupaten kota di Jawa Tengah memiliki MPP. “Kami harapkan MPP ini bukan sekadar gedung yang melayani, tapi akan berkembang menjadi layanan digital. Sehingga akan lebih banyak nanti masyarakat bisa dengan cepat mendapat layanan terbaik,” kata Ganjar dalam sambutannya.

Dengan diresmikannya tujuh MPP baru ini, di Provinsi Jateng sudah ada 28 MPP--terbanyak dari daerah lain. Berdasarkan data Kemenpan RB, total di Indonesia ada 110 MPP dengan rincian 65 di Pulau Jawa, di Pulau Sumatera terdapat 15 MPP, Kalimantan 13 MPP, Sulawesi 13 MPP, Bali 3 MPP, dan di Nusa Tenggara Timur (NTT) 1 MPP.

“Makin banyak makin bagus, karena sebenarnya ada kemudahan dari layanan publik yang bisa diberikan pada pemerintah, efektif apa nggak? Oh efektif banget, karena dia bisa datang ke one stop service,” katanya.

Ganjar menegaskan keberadaan MPP ini merupakan tindak lanjut atas instruksi Presiden Joko Widodo untuk memudahkan proses pelayanan dan birokrasi.

“Sebenarnya ini program yang tinggal jalan saja kok, karena perintahnya udah lama dan tugas kami ini adalah membereskan di tingkat bawah,” katanya.

Sementara itu, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas berharap hadirnya MPP di Jawa Tengah dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Saya sangat senang jika nanti langsung bergerak menuju next level yaitu ke MPP digital. Sehingga dengan demikian orang yang akan datang ke MPP sambil jalan-jalan bisa datang dapat pelayanan, tapi yang nggak mau datang bisa dari HP," kata Menpan-RB.

Azwar menyebut siap membagikan sistem dan materi untuk diujicobakan pada MPP yang siap di Jawa Tengah. "Bapak Presiden sudah menginstruksikan ke kami agar layanan ini segera cepat diselesaikan. Minimal di tiga layanan dasar, yaitu terkait dengan kesehatan, pendidikan dan kependudukan," ujarnya.

Mantan Bupati Banyuwangi ini juga mengapresiasi Provinsi Jawa Tengah yang bersemangat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Sejak saya menjabat Menpan-RB, ini serentak paling banyak yang saya resmikan dan itu di Jawa Tengah saja” tandasnya.

Sesuai dengan permintaan Bupati Sragen, Ganjar dan Azwar Anas pun diminta untuk menjadi saksi pernikahan pasangan Lilik Winoto (59) dan Triyani (56) di bagian MPP baru di Sragen, tepatnya  di ruang bernama ‘Balai Nikah’.

“Oh ini pengantinnya, sudah siap belum? Ayo langsung dimulai,” kata Ganjar menyapa sekaligus meminta penghulu nikah untuk segera memulai prosesi.

Azwar juga tampak berinteraksi dengan kedua mempelai. Diketahui pasangan tersebut menjalani pernikahan kedua dengan status duda dan janda.

Saat akad nikah, Ganjar menjadi saksi nikah dari mempelai putri. Sementara Azwar sebagai saksi nikah mempelai putra. Prosesi ijab qabul berlangsung singkat tanpa mengulang.

“Sah. Alhamdulillah,” kata Ganjar dan Azwar kompak. kekompakan mereka pun menuai perhatian mengingat kedua kader PDIP ini sempat disebut sebagai lima kader PDIP yang tengah digodok sebagai capres--selain Ketua PDIP Puan Maharani, mantan aktivis Budiman Sudjatmiko, dan Menteri Sosial Tri Risma Harini.

Rekomendasi